• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) untuk Meningkatkan Penggunaan Pengetahuan Awal pada Pembelajaran IPA Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Ichwan Triantono-190220104022.pdf (2.961Mb)
    Date
    2023-06-20
    Author
    TRIANTONO, Moch. Ichwan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan kualitas suatu negara diiringi dengan meningkatnya sumber daya manusia (SDM), salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan yang ada pada negara tersebut. Mutu pendidikan yang layak dan baik dapat menjadi indikator bahwa negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang baik dan mumpuni. Pendidikan memiliki fungsi dalam mengembangkan potensi manusia untuk membangun kebudayaan dan peradaban masa depan. Pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu guru harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan model pembelajaran pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan efisien untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam meningkatkan kemampuannya dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai diharapkan untuk meningkatkan penggunaan pengetahuan awal siswa yaitu model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) yang valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan penggunaan pengetahuan awal siswa. Penelitian pengembangan produk menggunakan model pengembangan 4D oleh S. Thiagarajan yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya define, design, develop, dan dessiminate. Penelitian pengembangan dilakukan di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Jember. Penerapan model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) ada uji kelompok kecil yang dilakukan di SMPN 1Sukorambi dengan subjek kelas VIII dan sampel 10 siswa. Pelaksanaan uji kelompok besar dilaksanakan di SMPN 1 Panti jember dengan subjek penelitian kelas VIII dan sampel subjek sebanyak 30 siswa. Validitas dilakukan oleh beberapa ahli (dosen) dan pengguna (guru). Kepraktisan model pembelajaran PECME diketahui dari lembar keterlaksanaan pembelajaran, data respon guru dan respon peserta didik. Efetkivitas model pembelajaran PECME (diketahui dari hasil pretest dan posttest (sebelum dan sesudah pembelajaran) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PECME dapat dianalisis menggunakan rumus Normalized gain (g). Berdasarkan hasil validasi ahli dan pengguna diketahui bahwa rerata hasil validasi produk dan instrumen secara keseluruhan yaitu 84% dengan kategori sangat valid. Analisis kepraktisan model pembelajaran PECME diperoleh dari hasil respon guru dan respon peserta didik pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Rerata respon guru pada uji kelompok kecil sebesar 85% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Sedangkan rerata respon guru pada uji kelompok besar sebesar 88% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil efektifitas penggunaan pengetahuan awal peserta didik pada kelompok kecil pada pertemuan pertama sebelum pembelajaran memiliki nilai normalized gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan pada pertemuan kedua sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Pada uji kelompok besar juga diperoleh hasil efektifitas penggunaan pengetahuan awal sebelum pembelajaran memiliki nilai normalized gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan pada pertemuan kedua sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Kesimpulan yang dapat disimpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti berdasarkan data hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan penggunaan pengetahuan awal siswa IPA di SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128432
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [279]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository