• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Limas Fase D

    Thumbnail
    View/Open
    Ine Clarita Cahya_210210101151 (8.733Mb)
    Date
    2024-09-11
    Author
    CAHYA, Ine Clarita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum yang digunakan saat ini yakni kurikulum Merdeka yang merupakan pembaruan dari kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang lebih fleksibel dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang beragam. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini bahan ajar tidak hanya disajikan dalam bentuk cetak, tetapi bisa disajikan dalam bentuk digital. E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika, khususnya model pembelajaran berdiferensiasi. Pemanfaatan teknologi dan pembelajaran yang fleksibel, diharapkan dapat membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi limas fase D yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap penyelesaian yakni tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Intrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode pengumpulan data terdiri dari metode angket dan metode tes. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas 8C SMPN 5 Probolinggo. Proses pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) interaktif berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi limas ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap penyelesaian yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap analysis dilakukan wawancara dengan guru matematika SMPN 5 Probolinggo yang menghasilkan bahwa dibutuhkan E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran berdiferensiasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik berdasarkan kategori kesiapan belajarnya. Tahap design menghasilkan tiga rancangan E-LKPD berdasarkan kategori kesiapan belajar peserta didik dan instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan soal tes hasil belajar. Tahap development dilakukan pengembangan E-LKPD dengan bantuan website Liveworksheets, kemudian divalidasi oleh tiga validator hingga memenuhi kriteria valid. Tahap implementation dilakukan uji coba produk pada subjek penelitian. Tahap evaluation dilakukan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets. Selain itu, dilakukan penilaian untuk mengukur kepraktisan ELKPD interaktif berbasis Liveworksheets melalui angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata 3,81 dengan kategori valid. Kepraktisan E-LKPD ditinjau dari hasil angket respon peserta didik yang memperoleh persentase kepraktisan yakni 76% dengan kategori praktis. Keefektifan E-LKPD diperoleh berdasarkan ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui tes hasil belajar. Data hasil belajar peserta didik memperoleh persentase ketuntasan yakni 89% sehingga E-LKPD dikategorikan efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan, maka E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi limas yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets layak digunakan sebagai bahan ajar interaktif dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi di SMP/MTs.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128414
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository