Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Limas Fase D
Abstract
Kurikulum yang digunakan saat ini yakni kurikulum Merdeka yang
merupakan pembaruan dari kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka mendorong
pembelajaran yang lebih fleksibel dan menyenangkan. Salah satu model
pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran
berdiferensiasi diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang
beragam. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini bahan ajar tidak hanya
disajikan dalam bentuk cetak, tetapi bisa disajikan dalam bentuk digital. E-LKPD
interaktif berbasis Liveworksheets memiliki potensi yang besar untuk
meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika, khususnya model
pembelajaran berdiferensiasi. Pemanfaatan teknologi dan pembelajaran yang
fleksibel, diharapkan dapat membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang
maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari
pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran
berdiferensiasi pada materi limas fase D yang valid, praktis, dan efektif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development).
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap
penyelesaian yakni tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap
pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap
evaluasi (evaluation). Intrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode pengumpulan data terdiri dari
metode angket dan metode tes. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas 8C
SMPN 5 Probolinggo.
Proses pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD)
interaktif berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi limas ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
penyelesaian yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Tahap analysis dilakukan wawancara dengan guru matematika SMPN 5
Probolinggo yang menghasilkan bahwa dibutuhkan E-LKPD interaktif berbasis
Liveworksheets dalam pembelajaran berdiferensiasi yang dapat mengakomodasi
kebutuhan peserta didik berdasarkan kategori kesiapan belajarnya. Tahap design
menghasilkan tiga rancangan E-LKPD berdasarkan kategori kesiapan belajar
peserta didik dan instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar angket
respon peserta didik, dan soal tes hasil belajar. Tahap development dilakukan
pengembangan E-LKPD dengan bantuan website Liveworksheets, kemudian
divalidasi oleh tiga validator hingga memenuhi kriteria valid. Tahap implementation
dilakukan uji coba produk pada subjek penelitian. Tahap evaluation dilakukan tes
hasil belajar untuk mengukur keefektifan E-LKPD interaktif berbasis
Liveworksheets. Selain itu, dilakukan penilaian untuk mengukur kepraktisan ELKPD interaktif berbasis Liveworksheets melalui angket respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan
memperoleh nilai rata-rata 3,81 dengan kategori valid. Kepraktisan E-LKPD
ditinjau dari hasil angket respon peserta didik yang memperoleh persentase
kepraktisan yakni 76% dengan kategori praktis. Keefektifan E-LKPD diperoleh
berdasarkan ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui tes hasil belajar. Data
hasil belajar peserta didik memperoleh persentase ketuntasan yakni 89% sehingga
E-LKPD dikategorikan efektif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan,
maka E-LKPD interaktif berbasis Liveworksheets dalam pembelajaran
berdiferensiasi pada materi limas yang dikembangkan telah memenuhi kriteria
valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD
interaktif berbasis Liveworksheets layak digunakan sebagai bahan ajar interaktif
dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi di SMP/MTs.
