Pengaruh Pembelajaran RQAAD (Reading, Questioning, Answering, Analyzing, Discussing) Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA
Abstract
Pendidikan saat ini berkembang pesat, sehingga siswa perlu memiliki
kesadaran metakognitif tinggi dan hasil belajar maksimal. Kesadaran metakognitif
penting karena membantu siswa mengelola kemampuan secara mandiri. Hubungan
positif antara kesadaran metakognitif dan hasil belajar menunjukkan bahwa siswa
yang memahami proses belajarnya cenderung meraih hasil yang lebih baik. Hasil
kesadaran metakognitif dan hasil belajar yang rendah dapat ditingkatkan dengan
mengenali gaya belajar siswa yang dibantu dengan model RQAAD (Reading,
Questioning, Answering, Analyzing, Discussing). Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kesadaran metakognitif dan hasil
belajar biologi siswa SMA yang menerapkan model pembelajaran RQAAD
(Reading, Questioning, Answering, Analyzing, Discussing).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi
Eksperimen. Desain penelitian berupa pre-test post-test, yaitu tes pendahuluan (pretest) sebelum perlakuan dan tes penutup (post-test) setelah perlakuan. Penelitian
dilakukan di SMAN 3 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025.
Berdasarkan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), sampel yang dipilih
adalah kelas XI.1 dan XI.2. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, tes,
dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan SPSS versi 26 setelah uji prasyarat. Hasil uji
ANAKOVA menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap
kesadaran metakognitif siswa dengan model pembelajaran RQAAD (nilai
signifikan 0.007 < 0.05). Uji Post Hoc kesadaran metakognitif menunjukkan adanya
perbedaan nyata pada gaya belajar kinestetik. Hasil uji ANAKOVA menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif (0.104 >
0.05) dan psikomotorik (0.312 > 0.05). Namun, uji One-Way ANOVA
menunjukkan pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar afektif (0.039
< 0.05). Uji Post Hoc pada hasil belajar afektif menunjukkan adanya perbedaan
nyata pada gaya belajar visual, menunjukkan gaya belajar memengaruhi hasil
belajar afektif pada model pembelajaran RQAAD.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh gaya belajar
terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar afektif siswa yang menerapkan
model pembelajaraan RQAAD, namun tidak terdapat pengaruh gaya belajar
terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa yang menerapkan model
pembelajaran RQAAD.
