• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran RQAAD (Reading, Questioning, Answering, Analyzing, Discussing) Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Alina Sawitri_210210103011 (3.348Mb)
    Date
    2025-02-13
    Author
    SAWITRI, Alina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan saat ini berkembang pesat, sehingga siswa perlu memiliki kesadaran metakognitif tinggi dan hasil belajar maksimal. Kesadaran metakognitif penting karena membantu siswa mengelola kemampuan secara mandiri. Hubungan positif antara kesadaran metakognitif dan hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memahami proses belajarnya cenderung meraih hasil yang lebih baik. Hasil kesadaran metakognitif dan hasil belajar yang rendah dapat ditingkatkan dengan mengenali gaya belajar siswa yang dibantu dengan model RQAAD (Reading, Questioning, Answering, Analyzing, Discussing). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi siswa SMA yang menerapkan model pembelajaran RQAAD (Reading, Questioning, Answering, Analyzing, Discussing). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Desain penelitian berupa pre-test post-test, yaitu tes pendahuluan (pretest) sebelum perlakuan dan tes penutup (post-test) setelah perlakuan. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), sampel yang dipilih adalah kelas XI.1 dan XI.2. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 26 setelah uji prasyarat. Hasil uji ANAKOVA menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap kesadaran metakognitif siswa dengan model pembelajaran RQAAD (nilai signifikan 0.007 < 0.05). Uji Post Hoc kesadaran metakognitif menunjukkan adanya perbedaan nyata pada gaya belajar kinestetik. Hasil uji ANAKOVA menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif (0.104 > 0.05) dan psikomotorik (0.312 > 0.05). Namun, uji One-Way ANOVA menunjukkan pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar afektif (0.039 < 0.05). Uji Post Hoc pada hasil belajar afektif menunjukkan adanya perbedaan nyata pada gaya belajar visual, menunjukkan gaya belajar memengaruhi hasil belajar afektif pada model pembelajaran RQAAD. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar afektif siswa yang menerapkan model pembelajaraan RQAAD, namun tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa yang menerapkan model pembelajaran RQAAD.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128408
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository