Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA di Jember
Abstract
Pada abad 21 ini siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep, tetapi
harus memiliki keterampilan salah satunya keterampilan metakognitif.
Keterampilan metakognitif diperlukan agar siswa mampu mengatur tujuan belajar
dan mengatur strategi belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Hasil
belajar yang rendah dapat ditingkatkan dengan sebuah model pembelajaran yang
dapat meningkatkan keterampilan metakognitif pada siswa. Model pembelajaran
RWRS (Reading, Writing, Reflecting, and Sharing) merupakan suatu model
pembelajaran yang diterapkan saat pembelajaran dan memiliki tahapan yang
mampu memberdayakan kemampuan berpikir seseorang. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RWRS terhadap
keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan
manusia di kelas XI SMAN 3 Jember.
Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
metode penelitian Quasi Eksperimen. Quasi Eksperimen yang digunakan dengan
desain berupa pre-test post-test study dengan menawarkan tes pendahuluan (pretest) sebelum perlakuan dan tes penutup (post-test) setelah perlakuan. Penelitian
dilaksanakan di SMAN 3 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025.
Berdasarkan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas didapatkan sampel
yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan XI.2 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, kuesioner, tes, dan
dokumentasi.
Analisis data menggunakan uji anacova pada SPSS versi 24 setelah melalui
uji prasyarat. Hasil analisis pembelajaran RWRS terhadap keterampilan
metakognitif menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti
bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga model pembelajaran Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) berpengaruh secara signifikan terhadap
keterampilan metakognitif siswa. Hasil uji anacova model pembelajaran RWRS
terhadap hasil belajar menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,702 < 0,05. Hal ini
berarti bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya model pembelajaran
Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) tidak berpengaruh terhadap
hasil belajar kognitif.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran
Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) terhadap keterampilan
metakognitif siswa, namun tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Reading,
Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) terhadap hasil belajar kognitif siswa.
