Kualitas Pelayanan KTP-el Melalui Aplikasi Smart Kampung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kualitas pelayanan elektronik (eservice quality) dalam pengurusan KTP-el melalui aplikasi Smart Kampung di
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Indikator kualitas
pelayanan elektronik (e-service quality) mengacu pada konsep Parasuraman,
Zeithaml, dan Malhotra (2005) yang mencakup efisiensi (efficiency), pemenuhan
(fulfillment), ketersediaan sistem (system avaibility), dan keamanan (privacy).
Populasi penelitian ini adalah jumlah pemohon KTP-el online melalui aplikasi
Smart Kampung pada triwulan terakhir 2024, yaitu pada rentang bulan Oktober -
Desember 2024 yang berjumlah 590 pemohon. Jumlah sampel yang ditetapkan
menggunakan Rumus Slovin dengan tingka kesalahan 10% sebanyak 86 sampel
dan menggunakan teknik sampling proportionate stratified random sampling untuk
memilih 86 orang. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner
kemudiakan dianalisis dengan uji validitas Product Moment Pearson, uji reliabilitas
Cronbach’s Alpha. Hasil analisis dari 86 responden menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan elektronik (e-service quality) dalam pengurusan KTP-el melalui aplikasi
Smart Kampung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Banyuwangi dikategorikan sangat tinggi, dengan hasil keseluruhan mean sebesar
3,38 dari skala 4
