Strategi Pengembangan Agrowisata Villa Bukit Hambalang Melalui Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
Agrowisata Villa Bukit Hambalang merupakan salah satu agrowisata di
daerah Kabupaten Bogor. Villa ini menawarkan panorama yang sangat indah dan
suhu yang sejuk. Karena lokasinya berada di atas ketinggian 630 MDPL. Dengan
fasilitas yang lengkap seperti penginapam, lahan camping, lahan outbound, aula,
taman bermain, lahan agrowisata, kolam renang, mini zoo, lahan paintball, dan lainlain. Serta dengan harga paket atau non paket yang terjangkau. Tingkat pengunjung
yang kurang stabil menyebabkan Agrowisata ini untuk melaksanakan
pengembangan pada Agrowisata tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Business model
canvas yang di terapkan serta melaksanakan evaluasi pada komponen model bisnis
sehingga dapat tercipta sebuah alternatif model bisnis di masa mendatang. alat
analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas untuk mengetahui kondisi
terkini model bisnis yang nantinya akan di evaluasi. evaluasi dilaksanakan dengan
menganalisis faktor dari luar dan dalam Agrowisata Villa Bukit Hambalang
menggunakan IFE Matrix dan EFE Matrix, sehingga dapat di ketahui strategi apa
yang harus dilaksanakan menggunakan SWOT.
Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa teori model bisnis dapat
menggambarkan kegiatan operasional secara sederhana namun pelaksanaan
kegiatan belum dilaksanakan secara baik. Setelah melakukan analisis menggunakan
SWOT matriks, selanjutnya menggunakan QSPM matriks untuk menentukan
alternatif strategi apa yang nantinya menjadi prioritas utama.
Dari hasil tersebut maka pihak pengelola Agrowisata Villa Bukit
Hambalang dapat mengetahui kelemahan dari sector tersebut dengan melakukan
peningkatan secara garis besar untuk meningkatkan jumlah kunjungan.