• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dominasi Kolonial terhadap Subaltern dalam Novel Rasina Karya Iksaka Banu dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Menulis Resensi dari Novel Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Nita Dwi Astuti_200210402063 (3.340Mb)
    Date
    2024-06-26
    Author
    ASTUTI, Nita Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh kolonial di nusantara yang masih membekas pada kehidupan masyarakat. Hal tersebut terjadi karena Indonesia merupakan negara yang terkolonisasi atau tersubordinasi mengalami pengalaman buruk akibat penjajahan yang dilakukan bangsa barat. Praktik kolonial memberikan dampak besar sehingga terjadi perubahan tatanan politik, sosial, dan ekonomi bangsa Indonesia. Salah satu karya sastra yang merepresentasikan kajian poskolonial adalah novel Rasina karya Iksaka Banu. Novel Rasina menceritakan dominasi yang dilakukan oleh Belanda atas Banda dan Batavia. Dominasi tersebut terjadi karena Belanda ingin menguasai Banda karena rempah-rempah yang melimpah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) bagaimanakah dominasi politik terhadap kelompok subaltern dalam novel Rasina karya Iksaka Banu? (2) bagaimanakah dominasi ekonomi terhadap kelompok subaltern dalam novel Rasina karya Iksaka Banu? (3) bagaimanakah bentuk perlawanan kelompok subaltern dalam novel Rasina karya Iksaka Banu? (4) bagaimanakah pemanfaatan hasil penelitian novel Rasina karya Iksaka Banu sebagai alternatif materi menulis resensi dari novel Indonesia? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Rancangan penelitian ini adalah sosiologi sastra dengan pendekatan poskolonial oleh Gayatri Spivak. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Rasina karya Iksaka Banu. Selain itu, sumber pendukung yang digunakan adalah silabus ajar Kurikulum Merdeka pada tingkat SMA kelas XII. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata, kalimat, dialog, dan paragraf yang menunjukkan adanya dominasi politik, ekonomi, dan perlawanan kelompok subaltern dalam novel Rasina karya Iksaka Banu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pereduksian data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data (Miles & Huberman, 1992). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dominasi politik dan dominasi ekonomi yang dilakukan Belanda terhadap kelompok subaltern (penduduk pribumi di Banda dan Batavia). Selain dominasi oleh Belanda, penelitian ini juga menunjukkan adanya perlawanan kelompok subaltern (penduduk pribumi) terhadap Belanda (pihak penjajah). Adapun bentuk dominasi politik yang dilakukan oleh Belanda yaitu berupa pembungkaman, pembunuhan, perbudakan, serta penindasan terhadap kelompok subalten. Bentuk dominasi ekonomi yang dilakukan Belanda terhadap kelompok subaltern yaitu meliputi monopoli sistem perdagangan oleh VOC dan penyelundupan budak. Adanya dominasi politik dan ekonomi yang dilakukan oleh Belanda menimbulkan perlawanan-perlawanan yang dilakukan pribumi sebagai kelompok subaltern. Adapun bentuk perlawanan yang dilakukan oleh pribumi yaitu berupa perang bersenjata, penculikan terhadap orang-orang Belanda, pembangkangan, dan penghasutan. Hasil penelitian berupa perlawanan kelompok subaltern dapat digunakan sebagai materi menulis resensi dari novel Indonesia. Dari adanya materi menulis resensi, peserta didik dapat berlatih untuk memahami isi novel dan membuat pernyataan argumen terkait isi novel yang diberikan. Peserta didik juga dapat menulis sebuah teks resensi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan yang telah dipelajari. Adanya materi terkait perlawanan yang dilakukan oleh pribumi untuk melawan kekejaman yang dilakukan Belanda dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dalam diri peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikan bagi penelitian selanjutnya yaitu dapat dilakukan penelitian terhadap novel Rasina karya Iksaka Banu berupa new historicism, ambivalensi, dan mimikri yang dilakukan kelompok subaltern. Bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan untuk menggunakan penelitian ini sebagai bahan diskusi pada mata kuliah sosiologi sastra. Bagi guru Bahasa Indonesia di SMA, disarankan menggunakan hasil penelitian ini sebagai alternatif materi menulis resensi pada kelas XII.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128304
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository