Pengembangan LKPD Berbasis Objek Wisata Bee Jay Bakau Resort Probolinggo untuk Mengoptimalkan Hasil Pembelajaran Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas VI SDN Randuputih II Kabupaten Probolinggo
Abstract
Matematika adalah dasar ilmu pengetahuan yang dapat digunakan dalam kehidupan
seharihari untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Matematika dijadikan sebagai
salah satu muatan pelajaran yang diajarkan sejak sekolah dasar. Tujuan dari
penelitian ini untuk menghasilkan LKPD berbasis potensi wisata BJBR. Desain
penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian
pengembangan LKPD berbasis potensi wisata BJBR hanya menggunakan 8 tahap dari
10 tahap dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini berlokasi di SDN
Randuputih I dan SDN Randuputih II Probolinggo pada siswa kelas 6. Pengembangan
LKPD dalam penelitian ini menghasilkan produk penelitian berupa LKPD yang valid
dengan skor 87% kategori sangat valid. Hasil dari Independent Sample T-test
menunjukkan bahwa sig.2 Tailed< 0,05 yaitu ada perbedaan rerata antara kelas
kontrol dan eksperimen, selain itu nilai ttabel > thitung (8,902 > 2015). Skor keefektifan
relatif yaitu 76,66% dengan kategori efektifitas tinggi. Kepraktisan LKPD berdasarkan
hasil angket respon siswa dan guru dengan skor 84,58% kategori sangat praktis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis potensi wisata BJBR Probolinggo pada
materi bangun ruang termasuk dalam kategori valid, efektif, dan praktis.