• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Camera Angle dan Camera Movement dalam Video Musik EXO “Universe” 2017 untuk Memenuhi Tiga Tujuan Video Musik Menurut Carol Vernalis

    Thumbnail
    View/Open
    Rubetta Calluella_180110401063_Skripsi.pdf (1.081Mb)
    Date
    2023-06-21
    Author
    CALLUELLA, Rubetta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Video musik adalah sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan musik umumnya sebuah lagu, video musik modern berfungsi sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan sebuah album rekaman. Video musik acapkali tidak hanya sebatas video dengan alunan lagu, akan tetapi memiliki alur cerita yang menarik dan saling berkesinambungan dengan lagu yang mengiringinya. Hal ini tak lepas dari unsur pembentuk video musik yang sama dengan unsur pembentuk film. Terdapat unsur naratif dan unsur sinematik membuat video musik sering kali disebut film pendek pendamping musik. Video musik Universe merupakan musik video mini album keenam grup vokal pria asal Korea Selatan EXO. Album ini dirilis oleh agency S.M Entertainment pada tanggal 26 Desember 2017. Video musik Universe berbeda dengan video musik konvensional, karena tidak mengandung alur cerita atau plot yang jelas sehingga sinematografi sebagai bahasa visual berperan besar untuk mencapai 3 tujuan video musik yaitu menampilkan bintang (showcase the star), menonjolkan lirik (highlight the lyrics) dan menegaskan musik (underscore the music). Berdasarkan pengamatan terhadap video musik Universe terdapat peran sinematografi yang menarik dalam video musik tersebut, seperti posisi dan pergerakan kamera yang berbeda dengan video musik boy band korea pada umumnya. Pergerakan kamera yang lebih lambat dan posisi pengambilan gambar yang didominsi close up. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran camera angle dan camera movement untuk memenuhi tiga tujuan video musik menurut Carol Vernalis. Peneliti tertarik untuk menganalisis 2 unsur sinematografi framing yaitu camera angle dan camera movement. Peneliti menganalisis peran 2 unsur sinematografi tersebut dalam mencapai 3 tujuan video musik. Penelitian ini menggunakan teori sinematografi David Bordwell, Kristin Thompson, dan Joseph V Mascelli sebagai teori utama peran simenamatografi khususnya camera angle dan camera movement dalam video musik EXO Universe. Didukung oleh teori tiga tujuan video musik tanpa plot oleh Carol Vernalis dalam buku Experiencing Music Video: Aesthetics and Cultural Context. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan berupa angka-angka. Metode deskriptif kualitatif diterapkan mulai dari pengumpulan data, analisis data, hingga penarikan kesimpulan. Data pada penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, melalui teknik pengumpulan data observasi dengan menonton film secara berulang-ulang bertujuan untuk menemukan data yang dibutuhkan dan studi pustaka. Melalui tahap observasi, data yang telah ditemukan kemudian dicatat untuk mengetahui peran camera angle dan camera movement dalam video musik Universe 2017 untuk memenuhi tiga tujuan video musik menurut carol vernalis. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat temuan data berupa pola dan motif tertentu pada peran camera angle dan camera movement dalam video musik Universe 2017 untuk memenuhi tiga tujuan video musik menurut carol vernalis. Penulis mendapatkan beberapa kesimpulan antara lain tiga tujuan video musik yaitu menampilkan bintang (showcase the star), menonjolkan lirik (highlight the lyric) dan menegaskan musik (underscore the music) terpenuhi hanya pada shot 33. Tujuan video musik menampilkan bintang (showcase the star) dan menonjolkan lirik (highlight the lyric) terpenuhi hanya pada shot 5. Tujuan musik menonjolkan lirik (highlight the lyric) dan menegaskan musik (underscore the music) terpenuhi hanyan pada shot 79. Secara keseluruhan camera angle dan camera movement berperan mempertegas ekspresi wajah dan gerak tubuh dalam video musik Universe untuk memenuhi tiga tujuan video musik menurut Carol Vernalis dan mampu menyampaikan pesan atau makna lagu kepada penonton melalui visual yang ditampilkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128185
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2353]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository