• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik

    Thumbnail
    View/Open
    Salsa Mia Ayu Andira_Tugas Akhir.pdf (1.055Mb)
    Date
    2023-07-25
    Author
    ANDIRA, Salsa Mia Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknologi bisa menjadi faktor pendukung dalam proses pembelajaran. Teknologi bisa dimanfaatkan menjadi sebuah media pembelajaran sesuai kebutuhan. Adanya media pembelajaran dapat membantu membangun pemahaman peserta didik. Media pembelajaran membantu menyajikan konsep yang abstrak menjadi lebih sederhana sehingga mudah diterima dengan bantuan ilustrasi atau bentuk lainnya. Materi matematika yang memerlukan ilustrasi untuk mempermudah pemahaman salah satunya adalah bangun ruang sisi lengkung. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu menyampaikan materi bangun ruang sisi lengkung ditengah perkembangan teknologi ini adalah aplikasi GeoGebra. GeoGebra merupakan salah satu software yang dapat dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran matematika, secara khusus aljabar, geometri, dan kalkulus. Dalam penggunaan, GeoGebra dapat dikembangkan secara bebas dengan penggunaan secara gratis. Dalam materi bangun ruang sisi lengkung, GeoGebra dapat membantu untuk mengkonstruksikan bentuk-bentuk bangun ruang sehingga peserta didik lebih mudah menerima daripada hanya berangan-angan. Selain itu, gambar konstruksi dalam GeoGebra juga dapat dilihat secara 3 dimensi, sehingga gambar akan menjadi semakin nyata dan menarik serta pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Hal ini sesuai dengan hasil observasi yang telah dilakukan di MTsN 2 Bondowoso, yaitu peserta didik cenderung lebih fokus pada pembelajaran yang menggunakan bantuan media pembelajaran, terutama materimateri yang membutuhkan ilustrasi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Thiagarajan. Model Thiagarajan terdiri atas 4 tahap utama atau yang biasa dikenal 4D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Bondowoso dengan subjek penelitian kelas IX-I yang berjumlah 26 orang peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran bangun ruang sisi lengkung menggunakan GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon pengguna, pretest, dan posttest. Penilaian kevalidan dilakukan oleh empat orang validator yang terdiri dari validator konstruk yang merupakan seorang dosen Pendidikan matematika Universitas Jember, validator proses yang merupakan seorang dosen Pendidikan matematika Universitas Jember, validator instrumen yang merupakan seorang dosen Pendidikan matematika Universitas Jember, dan validator isi yang merupakan seorang guru matematika di MTsN 2 Bondowoso. Penilaian kepraktisan dilakukan dengan menggunakan angket respon pengguna, yaitu peserta didik. Penilaian keefektifan dilakukan dengan menggunakan hasil pretest dan posttest yang soalnya sudah disusun sesuai dengan indikator peningkatan pemahaman peserta didik. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, diperoleh hasil pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi lengkung menggunakan GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman peserta didik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dengan rincian: valid dengan nilai rata-rata total 4,765 dan nilai koefisien korelasi 𝛼 = 0,953 sehingga termasuk ke dalam kategori sangat valid dan layak digunakan untuk pembelajaran; efektif dengan nilai persentase N-Gain sebesar 76% sehingga termasuk ke dalam kategori efektif yang berarti media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik; dan praktis dengan nilai rata-rata total 9,22 dan persentase efektivitasnya adalah 92,2% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128183
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15644]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository