Pengaruh Penggunaan Media Google Earth Engine Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Geografi Siswa SMA
Abstract
Pendidikan merupakan proses mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kreatifitas, dan sikap untuk persiapan kehidupan di masa depan. Media atau model pembelajaran yang menarik dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan menunjang efektivitas, efisiensi dan juga daya tarik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media Google Earth Engine terhadap kemampuan berpikir spasial geografi siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Desain peneitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji Independent T-Test kemampuan berpikir spasial memperoleh nilai Sig. (2-tailed) dengan angka 0,000 hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Google Earth Engine terhadap kemampuan berpikir spasial geografi siswa SMA.