Pengembangan Media Gambar Seri Bab 7 “Asal-Usul” Berbasis Kearifan Lokal pada Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas IV SDN Kandangtepus 02 Lumajang
Abstract
Harapan dari penelitian pengembangan media gambar seri berbasis kearifan lokal Lumajang adalah agar peserta didik dapat mengembangkan ide-idenya menjadi karangan narasi yang baik dan menghindari pengaruh negatif dari arus globalisasi yang saat ini dapat meleburkan nilai-nilai kearifan lokal. Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan, kurangnya pengenalan kearifan lokal Lumajang, media yang berbasis kearifan lokal Lumajang terbatas, peserta didik belum mampu menuangkan ide-ide 
dalam tulisan, serta kesulitan mengembangkan ide-idenya menjadi karangan narasi dengan konjungsi yang tepat. Tujuan 
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan produk, validitas, keefektifan, dan kepraktisan media gambar seri berbasis kearifan lokal Lumajang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model Borg and Gall dengan 10 tahapan. Metode pengumpulan datamelalui; observasi, wawancara, tes hasil belajar, angket respons peserta didik dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, validasi, tes hasil belajar, dan angket respons peserta didik. Subjek penelitian melibatkan 27 peserta didik SDN Kandangtepus 02 Lumajang. Berdasarkan Hasil uji validitas menunjukkan skor 88%, uji keefektifan 85,18%, dan uji kepraktisan 94,6%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media gambar seri berbasis kearifan lokal Lumajang pada keterampilan menulis karangan narasi dinyatakan valid, efektif, dan praktis dalam proses pembelajaran.