Strategi Nation Branding Arab Saudi melalui Event Motorsport dalam Mendukung Saudi Vision 2030
Abstract
Arab Saudi memperkenalkan Saudi Vision 2030 pada tahun 2016 untuk
mengatasi ketergantungan ekonomi negara tersebut terhadap hasil minyak
bumi. Saudi Vision 2030 mengusung visi diversifikasi ekonomi untuk
mengubah 67 persen ekspor Arab Saudi berupa migas dan 33 persen ekspor
Arab Saudi berupa nonmigas. Dalam mencapai Saudi Vision 2030, Arab Saudi
memanfaatkan sektor olahraga dengan menginvestasikan dana dan
memanfaatkan
kemitraan
dengan
perusahaan
internasional
untuk
menyelenggarakan acara internasional, salah satunya adalah dalam
penyelenggaraan acara balap internasional seperti Formula 1, Formula E,
Extreme E, dan Reli Dakar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi nation branding yang dilakukan oleh Arab Saudi dalam
mendukung Saudi Vision 2030 melalui penyelenggaraan ajang motorsport.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan
data melalui studi pustaka. Strategi Arab Saudi dalam mencapai Saudi Vision
2030 dengan melalui penyelenggaraan event motorsport internasional berupa
dukungan investasi oleh pemerintah Arab Saudi, melakukan kemitraan dan
sponsorship antara sektor publik dan swasta, serta menjalin kerja sama melalui
media internasional.