Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 8 dalam Menyelesaiakan Permasalahan SPLDV
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal terbuka (open ended) dengan materi SPLDV kelas VIII. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas VIII SMP. Sampel penelitian kualitatif yang diambil sebanyak 3 siswa yang ditentukan secara purposive sampling berdasarkan ragam jawaban dan cara penyelesaian soal pada setiap tingkatan berpikir kreatif tingkat 1, tingkat 2, dan tingkat 3. Bahan yang digunakan dalam materi SPLDV ini adalah penggunaan cara eliminasi, subtitusi, dan grafik serta penentuan bentuk matematis dari suatu soal cerita. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebanyak 50% siswa dengan kategori TKBK 0 (tidak kreatif), 27% siswa dengan kategori TKBK 1 (kurang kreatif), 17% siswa dengan kategori TKBK 2 (cukup kreatif), dan 7% siswa dengan kategori TKBK kategori 3 (kreatif). Belum ada siswa yang mampu menunjukkan semua indikator berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, dan originality untuk mencapai kategori TKBK 4 (sangat kreatif) dalam menyelesaikan soal terbuka dengan materi SPLDV.