• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI HANNA FIX SISTER.pdf (5.697Mb)
    Date
    2023-04-10
    Author
    PUTRI, Hajar Sahana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Upaya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan mengembangkan bahan ajar E-Modul. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-Modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, dan Society) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain pengembangan ADDIE oleh Branch (2009) yang tahapannya meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Perancangan E-Modul memanfaatkan software Flip PDF Professional untuk memperbaiki tampilan E-Modul menjadi lebih menarik dan bervariasi. Hasil kajian pengembangan ini meliputi hasil validitas, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan E-Modul berbasis SETS. Validitas E-Modul memperoleh persentase 82% pada kriteria sangat valid, kepraktisan pembelajaran memperoleh persentase 91,42% pada kategori sangat praktis, hasil N-Gain pada efektivitas tes memperoleh skor. 0,77 pada kategori tinggi, serta efektivitas respon siswa mendapat persentase 81,67% pada kategori respon sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data pada validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-Modul berbasis SETS membuktikkan bahwa E-Modul yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuann berpikirr kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128015
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository