• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Pemecahan Masalah Numerasi Tipe Uraian pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Polya

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_SEFINA VAMELIA HANIM_190210101015.pdf (1.723Mb)
    Date
    2023-09-08
    Author
    HANIM, Sefina Vamelia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pemecahan masalah numerasi merupakan gambaran tentang bagaimana proses siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki. Proses pemecahan masalah numerasi dianalisis dengan melihat jawaban pemecahan masalah numerasi siswa berdasarkan tahapan Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah numerasi siswa kelas VIII MTs berdasarkan tahapan Polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 9 siswa kelas VIII di salah satu MTs di Kota Kediri. Instrumen yang digunakan yaitu masalah numerasi dan pedoman wawancara. Kedua instrumen telah dinyatakan valid dengan V_a=3,81 untuk masalah numerasi dan V_a=3,84 untuk pedoman wawancara. Pengambilan data dilakukan pada Mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap memahami masalah, siswa membaca masalah numerasi berulang kali hingga dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, serta merepresentasikan masalah dengan cara mengubah informasi pada masalah numerasi menjadi bentuk pemisalan variabel dan model matematika. Pada tahap menyusun rencana, ada yang secara langsung dapat menentukan metode dan rencana setelah membaca masalah numerasi secara berulang dengan teliti, namun ada juga yang mencoba-coba di kertas lain dahulu hingga dapat menyusun rencana dengan tepat. Pada tahap melaksanakan rencana, siswa mengaitkan rencana penyelesaian serta informasi diketahui dan ditanyakan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa, yaitu metode campuran atau substitusi SPLDV dan rumus diskon. Pada tahap memeriksa kembali, siswa cenderung mengecek kebenaran jawaban dengan mensubstitusikan setiap nilai variabel ke dalam model matematika.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128001
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository