• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi InDrive Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)

    Thumbnail
    View/Open
    Saila Fidhi Rohmah_211810101055 (1.349Mb)
    Date
    2025-03-22
    Author
    ROHMAH, Saila Fidhi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aplikasi inDrive merupakan salah satu aplikasi transportasi yang tersedia di Google Play Store. InDrive adalah aplikasi ride-hailing yang menawarkan sistem negosiasi harga langsung antara penumpang dan pengemudi, sehingga memberikan fleksibilitas dalam menentukan tarif yang sesuai dengan pasar di Indonesia. Ulasan pengguna berperan penting dalam menilai kualitas layanan, karena ulasan mencerminkan pengalaman nyata yang dapat mempengaruhi keputusan calon pengguna serta membantu pengembang dalam meningkatkan layanan aplikasi. Namun, informasi yang terdapat dalam ulasan sangat beragam, sehingga sulit untuk secara langsung menentukan apakah ulasan tersebut bernada positif atau negatif. Permasalahan ini dapat diatasi dengan analisis sentimen menggunakan pendekatan berbasis machine learning, khususnya dengan algoritma Support Vector Machine (SVM), yang mampu mengklasifikasikan ulasan ke dalam kategori positif dan negatif. Proses analisis sentimen diawali dengan pengambilan data ulasan menggunakan teknik scraping dengan bantuan pustaka Google-Play Scraper dalam bahasa pemrograman Python. Selanjutnya, dilakukan pra-pemrosesan data untuk membersihkan teks serta memberikan pelabelan manual pada seluruh data yang diperoleh. Setelah data siap, dilakukan proses klasifikasi sentimen. Klasifikasi sentimen memerlukan data dalam bentuk vektor, sehingga data terlebih dahulu dikonversi menggunakan metode TF-IDF (Term Frequency-Inverse Document Frequency). Pada penelitian ini, proses klasifikasi menggunakan algoritma SVM dengan beberapa jenis kernel, yaitu linear, polynomial, radial basis function (RBF), dan sigmoid, untuk menentukan kernel terbaik. Hasil training menunjukkan bahwa kernel polynomial memiliki akurasi tertinggi, yaitu 99%. Namun, pada tahap pengujian (testing), kernel ini tidak menunjukkan kinerja optimal dengan akurasi 84%. Sementara itu, kernel linear memiliki performa yang lebih baik dengan akurasi 96% pada proses training dan 91% pada proses testing. Analisis ini menggunakan teknik penggalian opini untuk mengidentifikasi fitur-fitur yang memengaruhi sentimen positif maupun negatif dalam ulasan pengguna. Hasil analisis menunjukkan bahwa kata-kata dengan bobot positif tinggi umumnya mencerminkan aspek yang dihargai oleh pengguna, seperti keunggulan dalam layanan, kemudahan penggunaan, dan keberlanjutan aplikasi. Sebaliknya, kata-kata dengan bobot negatif tinggi mengindikasikan beberapa masalah yang perlu diperbaiki, seperti masalah pada kepercayaan driver terhadap sistem terutama terkait keadilan, pembayaran, dan rating
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127962
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3493]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository