Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan suatu proses pembelajaran yang dirancang
untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa sehingga memungkinkan
siswa mengembangkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan berpikir
kreatif. Pembelajaran IPA bertujuan untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga
menerapkannya dalam konteks nyata, yang akan memperkuat keterampilan siswa
dalam memecahkan masalah secara logis dan sistematis. Dalam era perkembangan
teknologi yang semakin pesat dan dinamis, pembelajaran IPA diharapkan mampu
membekali siswa dengan pengetahuan yang mendalam sehingga mereka dapat
bersaing dan beradaptasi dengan berbagai tantangan yang muncul. Hal ini menjadi
semakin penting terutama dalam mengasah keterampilan berpikir kreatif yang
memungkinkan siswa untuk menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi yang dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam konteks global.
Keterampilan berpikir kreatif adalah keterampilan menghasilkan ide baru
yang unik dan memandang masalah dari berbagai sudut pandang. Namun, sebagian
besar siswa memiliki tingkat kreativitas rendah, yang ditandai dengan jawaban
seragam dan kurangnya inovasi dalam mengaitkan materi IPA dengan kehidupan
sehari-hari. Rendahnya keterampilan berpikir kreatif disebabkan oleh pembelajaran
IPA yang monoton, penggunaan metode konvensional, serta bahan ajar seperti
LKPD yang tidak melatih indikator berpikir kreatif. Oleh karena itu, dibutuhkan
pembelajaran yang fokus pada kemandirian siswa dan cara berpikirnya melalui
penggunaan bahan ajar berbasis teknologi, seperti E-LKPD. E-LKPD berbasis
STEM dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada
materi IPA SMP. Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mengkaji validitas,
kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan
model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analyze, design, develop,
implement, dan evaluate. Subyek utama penelitian yang dilakukan adalah siswasiswi SMP Negeri 3 Rambipuji tahun ajaran 2024/2025. Validitas produk dilakukan
oleh 3 validator yaitu 2 dosen Pendidikan IPA Universitas Jember dan 1 guru IPA
SMP Negeri 3 Rambipuji. Kepraktisan dapat diukur melalui lembar observasi
keterlaksanaan yang dilakukan oleh 3 observer selama kegiatan pembelajaran
berlangsung. Keefektifan penggunaan E-LKPD berbasis STEM untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa diukur melalui soal pretest dan
posttest dan angket respon siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kreatif siswa SMP diperoleh skor sebesar 93% dengan
kriteria sangat valid sehingga dikatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran
IPA. Kepraktisan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kreatif siswa SMP memperoleh skor sebesar 91% dengan kriteria sangat
praktis dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan E-LKPD
berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP
memperoleh skor N-gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan berdasarkan
angket respon siswa memperoleh skor sebesar 87% dengan kategori sangat baik
yang berarti E-LKPD berbasis STEM tersebut efektif untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis STEM sangat valid, sangat praktis, dan
cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP.