• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Fershanda Vivi Hartono_210210104047 (8.285Mb)
    Date
    2025-03-13
    Author
    HARTONO, Fershanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA merupakan suatu proses pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa sehingga memungkinkan siswa mengembangkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan berpikir kreatif. Pembelajaran IPA bertujuan untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga menerapkannya dalam konteks nyata, yang akan memperkuat keterampilan siswa dalam memecahkan masalah secara logis dan sistematis. Dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dinamis, pembelajaran IPA diharapkan mampu membekali siswa dengan pengetahuan yang mendalam sehingga mereka dapat bersaing dan beradaptasi dengan berbagai tantangan yang muncul. Hal ini menjadi semakin penting terutama dalam mengasah keterampilan berpikir kreatif yang memungkinkan siswa untuk menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam konteks global. Keterampilan berpikir kreatif adalah keterampilan menghasilkan ide baru yang unik dan memandang masalah dari berbagai sudut pandang. Namun, sebagian besar siswa memiliki tingkat kreativitas rendah, yang ditandai dengan jawaban seragam dan kurangnya inovasi dalam mengaitkan materi IPA dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya keterampilan berpikir kreatif disebabkan oleh pembelajaran IPA yang monoton, penggunaan metode konvensional, serta bahan ajar seperti LKPD yang tidak melatih indikator berpikir kreatif. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran yang fokus pada kemandirian siswa dan cara berpikirnya melalui penggunaan bahan ajar berbasis teknologi, seperti E-LKPD. E-LKPD berbasis STEM dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi IPA SMP. Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subyek utama penelitian yang dilakukan adalah siswasiswi SMP Negeri 3 Rambipuji tahun ajaran 2024/2025. Validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 dosen Pendidikan IPA Universitas Jember dan 1 guru IPA SMP Negeri 3 Rambipuji. Kepraktisan dapat diukur melalui lembar observasi keterlaksanaan yang dilakukan oleh 3 observer selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Keefektifan penggunaan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa diukur melalui soal pretest dan posttest dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP diperoleh skor sebesar 93% dengan kriteria sangat valid sehingga dikatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA. Kepraktisan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP memperoleh skor sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP memperoleh skor N-gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan berdasarkan angket respon siswa memperoleh skor sebesar 87% dengan kategori sangat baik yang berarti E-LKPD berbasis STEM tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis STEM sangat valid, sangat praktis, dan cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127945
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository