Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas V SDN Gelang 02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh dari kegiatan literasi dasar terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V SDN Gelang 02 Kabupaten Jember. Terdapat banyak sekali tantangan untuk dapat melakukan atau terlaksananya kegiatan literasi dasar. Hal tersebut melatarbelakangi kemampuan membaca peserta didik, selain guru yang tidak konsisten dalam menerapkannya, terdapat faktor lain seperti tidak memadainya sarana untuk terlaksananya literasi dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan pola one group pretest – posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, dokumentasi dan instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji-t. Hasil dari perhitungan uji-t pada menunjukkan bahwa nilai thitung = 7,597 pada taraf signifikansi 5% dengan df = 48, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,677. Dengan demikian, thitung > ttabel (7,597 > 1,677), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan literasi dasar terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V SDN Gelang 02 Kabupaten Jember.