• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model PBL disertai Media Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    NANIK SUGIYANTI - 220220204031.pdf (1.571Mb)
    Date
    2025-07-10
    Author
    SUGIYANTI, Nanik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) yang bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) yang disertai media Virtual Reality (VR) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIA dan siswa kelas VIB SD Negeri Ditotrunan 01 sejumlah 56 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIA sejumlah 28 siswa dan kelas VIB sejumlah 28 siswa. Kelas VIA ditentukan sebagai kelas Kontrol dan kelas VIB kelas ditentukan sebagai kelas Eksperimen. Kelas Eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model PBL dengan media Virtual Reality (VR), sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu menggunakan tes dan dinyatakan dalam bentuk nilai/skor yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa. Metode analisis data menggunakan rumus Uji-T. Jenis Uji-T yang digunakan yaitu Independent Sample t-Test dengan software SPSS 27 for windows. Hasil analisis data hasil belajar siswa memperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,010 yaitu kurang dari 0,05 yang berarti H01 ditolak dan H𝑎1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan media Virtual Reality (VR) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh model PBL dengan media Virtual Reality (VR) terhadap hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Selanjutnya diharapkan adanya pengembangan dari peneliti lain untuk meneliti variabel terikat lainnya seperti motivasi belajar siswa, keaktifan siswa, keterampilan kolaborasi, dll yang senada dengan variabel hasil belajar. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yaitu kurang dari 0,05 yang berarti H02 ditolak dan H𝑎2 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan media Virtual Reality (VR) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh model PBL dengan media Virtual Reality (VR), terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Selanjutnya diharapkan adanya pengembangan dari peneliti lain untuk meneliti variabel terikat lainnya seperti kemampuan berpikir kreatif siswa, keterampilan literasi digital, dll yang senada dengan variabel kemampuan berpikir kritis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127935
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [273]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository