Show simple item record

dc.contributor.authorPARWATI, Kharisma
dc.date.accessioned2025-08-15T03:06:39Z
dc.date.available2025-08-15T03:06:39Z
dc.date.issued2025-03-20
dc.identifier.nim190910201116en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127914
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPelayanan Kesehatan merupakan hak asasi manusia yang harus diwujudkan melalui kebijakan pemerintah, salah satunya melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. BPJS Kesehatan Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kantor layanan operasional yang bertujuan memberikan pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kualitas pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Lumajang menggunakan pendekatan Service Quality (SERVQUAL) yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan accidental sampling terhadap 95 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan software SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di BPJS Kesehatan Kabupaten Lumajang masih tergolong rendah dengan satu dari lima dimensi kualitas pelayanan yang menunjukkan hasil positif. Dimensi tangible mendapatkan skor positif, sementara dimensi reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty menunjukkan skor negatif menandakan ketidakpuasan pengguna layanan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dalam beberapa aspek pelayanan seperti peningkatan jumlah petugas, optimalisasi fasilitas kritik dan saran, serta peningkatan responsivitas petugas dalam menangani keluhan peserta.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Suji, S.Sos., M.Si DPA: Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jemberen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectBPJS Kesehatanen_US
dc.subjectService Qualityen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.titleKualitas Pelayanan di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Suji, S.Sos., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Sien_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record