• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis STEM pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Mendukung Dimensi Mandiri pada Profil Pelajar Pancasila di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ROKHIMATUL MARDIYAH 210210103054.pdf (5.942Mb)
    Date
    2025-03-12
    Author
    MARDIYAH, Rokhimatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum Merdeka menekankan implementasi Profil Pelajar Pancasila yang mencakup enam dimensi, termasuk dimensi mandiri. Dimensi mandiri mencakup elemen pemahaman diri, regulasi diri, dan sikap reflektif untuk meningkatkan kemandirian belajar. Teknologi Augmented Reality (AR) dipandang dapat mendukung pembelajaran mandiri melalui visualisasi interaktif, memudahkan pemahaman konsep abstrak, dan meningkatkan motivasi siswa. Integrasi AR dengan pendekatan STEM diharapkan menciptakan pembelajaran bermakna yang membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan mendukung karakteristik Profil Pelajar Pancasila. Dalam konteks ini, materi sistem sirkulasi manusia dipilih karena kesulitannya, sehingga membutuhkan media yang inovatif untuk membantu guru menyampaikan konsep abstrak secara efektif dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis AR dan STEM yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan pemahaman dan mendukung dimensi mandiri pada Profil Pelajar Pancasila di tingkat SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Pakusari, Jember, dengan pendekatan Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dengan integrasi STEM. Instrumen penelitian mencakup angket analisis kebutuhan (Need Assessment), angket validasi, angket respon guru dan siswa, lembar pretest-posttest, serta rubrik penilaian dimensi mandiri. Media pembelajaran dikembangkan dengan bantuan perangkat lunak Assemblr Edu untuk menghasilkan model 3D interaktif yang divalidasi oleh ahli media, materi, dan pengguna. Uji keefektifan dilakukan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Data dari uji keefektifan ini didapatkan dari nilai pretest dan postest yang kemudian dianalisis menggunakan rumus N-Gain Score. Sedangkan, penilaian dimensi mandiri didapatkan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM yang kemudian dinilai dengan rubrik penilaian dimensi mandiri. Kemudian, dilakukan uji kepraktisan dengan memberikan angket respon kepada guru dan siswa setelah mereka menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dengan pendekatan STEM pada materi sistem sirkulasi manusia. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan wawancara dengan guru biologi untuk mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran. Guru menyatakan bahwa media AR dapat membantu menyampaikan konsep abstrak dalam sistem sirkulasi dan memerlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian siswa. Tahap desain menghasilkan instrumen penelitian seperti angket validasi, pretest, posttest, dan rubrik penilaian dimensi mandiri. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan platform Assemblr Edu, menghasilkan model 3D interaktif dari jantung dan darah. Validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini tergolong sangat valid dengan nilai rata-rata 80,22%. Kepraktisan media juga dinilai sangat baik dengan persentase 89,6% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat digunakaan dengan mudah dan hanya tidak terdapat kendala teknis yang begitu berarti dalam penggunaan media. Pada tahap implementasi, media diujikan kepada siswa kelas XI dengan jumlah 32 siswa. Pada tahap evaluasi menghasilkan nilai NGain sebesar 0,41 (kategori sedang) yang berarti media pembelajaran menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar. Selain itu, dimensi mandiri siswa meningkat dengan rata-rata nilai 79,49% % dan berada dalam kategori baik, artinya media pembelajaran dapat digunakan untuk mendukung dimensi mandiri pada Profil Pelajar Pancasila.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127893
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository