Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Bermuatan Aktivitas Pertanian untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) bermuatan aktivitas pertanian dengan kriteria valid, praktis dan efektif yang implementasinya dapat meningkatkan kemampuan numerasi, khususnya pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model Plomp dengan tiga tahapan. Tahapan pertama, preliminary research melibatkan 26 guru dan calon guru. Tahapan kedua, development or prototyping phase melibatkan 3 pakar dan 3 siswa. Tahapan ketiga, assessment phase dilakukan dengan skema uji coba yang melibatkankan 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini mengkombinasikan metode kuesioner, angket, observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa perangkat pembelajaran RME bermuatan aktivitas pertanian yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Diperoleh kriteria valid dengan skor modul ajar sebesar 3.77, LKPD sebesar 3.81, tes hasil belajar sebesar 3.84, dan buku petunjuk sebesar 3.87. Diperoleh kriteria praktis dengan tercapainya keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, aktivitas siswa sebesar 84.9% atau tergolong aktif, angket respon siswa dan guru menunjukkan respon positif yakni masing-masing sebesar 95.48% dan 100%. Diperoleh kriteria efektif dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0.65 yang termasuk dalam kategori sedang, serta rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Implikasi dari penelitian ini ialah RME bermuatan aktivitas pertanian dapat menjadi rekomendasi untuk seluruh guru matematika dalam mengajarkan numerasi.