• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Bermuatan Aktivitas Pertanian untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi

    Thumbnail
    View/Open
    TESIS KARINA REPOSITORY.pdf (3.371Mb)
    Date
    2025-01-10
    Author
    CAHYADEWI, Karina Cindy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) bermuatan aktivitas pertanian dengan kriteria valid, praktis dan efektif yang implementasinya dapat meningkatkan kemampuan numerasi, khususnya pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model Plomp dengan tiga tahapan. Tahapan pertama, preliminary research melibatkan 26 guru dan calon guru. Tahapan kedua, development or prototyping phase melibatkan 3 pakar dan 3 siswa. Tahapan ketiga, assessment phase dilakukan dengan skema uji coba yang melibatkankan 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini mengkombinasikan metode kuesioner, angket, observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa perangkat pembelajaran RME bermuatan aktivitas pertanian yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Diperoleh kriteria valid dengan skor modul ajar sebesar 3.77, LKPD sebesar 3.81, tes hasil belajar sebesar 3.84, dan buku petunjuk sebesar 3.87. Diperoleh kriteria praktis dengan tercapainya keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, aktivitas siswa sebesar 84.9% atau tergolong aktif, angket respon siswa dan guru menunjukkan respon positif yakni masing-masing sebesar 95.48% dan 100%. Diperoleh kriteria efektif dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0.65 yang termasuk dalam kategori sedang, serta rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Implikasi dari penelitian ini ialah RME bermuatan aktivitas pertanian dapat menjadi rekomendasi untuk seluruh guru matematika dalam mengajarkan numerasi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127876
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository