Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis PhET untuk Remediasi Miskonsepsi pada Persamaan Garis Lurus
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif berbasis simulasi PhET untuk meremediasi miskonsepsi pada materi persamaan garis lurus yang merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil observasi di SMPN 1 Gucialit, menunjukkan bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami gradien dan representasi grafik persamaan linear. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, angket tes dan angket respon siswa. Pelaksanaannya melibatkan siswa kelas VIII, meliputi pretest, penggunaan LKPD, dan posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memperoleh nilai validitas sebesar 3,67 (kategori valid), nilai praktikalitas sebesar 3,65 (kategori sangat praktis), dan efektifitas yang signifikan berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed-Rank Test p<0,05 (terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest). Kesimpulannya, LKPD interaktif berbasis simulasi PhET terbukti valid, praktis, dan efektif untuk mengatasi miskonsepsi pada materi persamaan linear. LKPD ini direkomendasikan untuk digunakan secara luas dan sebagai referensi untuk mengembangkan LKPD interaktif lainnya.