• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran “ESCOLIO” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Peserta Didik Kelas V SDN Balung Kulon 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ARIS WAHYUDI_180210204066 (5.518Mb)
    Date
    2024-07-30
    Author
    WAHYUDI, Aris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi pada abad 21 telah masuk ke berbagai aspek kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah satu elemen esensial untuk menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas tidak luput dari dampak adnaya perkembangan teknologi yang semakin masif. Android sebagai salah satu produk dari adanya perkembangan teknologi menjadi perangkat yang telah banyak digunakan oleh Masyarakat tidak terkecuali oleh peserta didik di sekolah dasar termasuk di SDN Balung Kulon 02 khususnya pada peserta didik kelas V. penggunaan smartphone masih tergolong hanya untuk bermain semata. Hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Balung Kulon 02 menunjukkan masih belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran dalam membelajarkan materi “Belajar Berwirausaha” di kelas V sekolah dasar terlebih yang berbasis teknologi. Dari hasil observasi dan dokumen hasil belajar peserta didik pada bab sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam keterampilan menulis masih rendah. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan nama Escolio. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, rumusan masalah yang dapat diidentifikasi yaitu bagaimanakah proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran “ESCOLIO” untuk meningkatkan keterampilan menulis pada kelas V SDN Balung Kulon 02 Jember? dan bagaimanakah kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran “ESCOLIO” yang dapat meningkatkan keterampilan menulis pada kelas V SDN Balung Kulon 02 Jember?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis android Escolio serta validitas, efektifitas, dan kepraktisan media pembelajaran berbasis android Escolio untuk kelas V di SDN Balung Kulon 02 Jember. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Pelaksanaan penelitian dijadwalkan pada semester genap tahun ajaran 2023 / 2024, dan subjek penelitian mencakup peserta didik kelas V di SDN Balung Kulon 02 Jember yang telah menerapkan kurikulum Merdeka. Uji validasi produk pengembangan dilakukan dengan memvalidasi pada 3 orang validator yang terdiri dari validator ahli media, materi, dan praktisi. Uji keefektifan produk pengembangan dilakukan dengan menilai hasil belajar peserta didik melalui tes yang ada pada media pembelajaran serta penilaian keterampilan menulis yang meliputi pemilihan kosa kata baku, struktur kalimat efektif, dan penggunaan ejaan. Selain itu, dilakukan pula uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil pengisian angket. Data respon peserta didik kemudian dianalisis menggunakan rumus untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk pengembangan. Media pembelajaran yang dikembangkan telah dilakukan uji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah diperoleh, media pembelajaran berbasis android Escolio yang dikembangkan termasuk media yang valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan atau validitas media pembelajaran berbasis android Escolio dievaluasi melalui uji validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator. Nilai validasi yang diperoleh yaitu nilai V-ah dari validator ahli media sebesar 95, ahli materi sebesar 97, dan ahli praktisi sebesar 97 dengan Vtotal sebesar 96,3% yang berkategorikan sangat valid. Hasil uji keefektifan menunjukkan persentase sebesar 81% yang berkategori sangat efektif. Selain itu, dari uji kepraktisan, media pembelajaran berbasis android Escolio mendapat persentase kepraktisan sebesar 93%, yang diklasifikasikan sebagai sangat praktis. Berdasarkan pengembangan dan penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan media pembelajaran berbasis android Escolio dapat digunakan secara lebih luas tidak hanya pada sekolah tempat penelitian saja. Adanya kekurangan media yang hanya dapat digunakan pada perangkat smartphone berbasis android, maka perlunya dilakukan pengembangan lebih lanjut agar media pembelajaran berbasis teknologi dapat dipasang pada berbagai perangkat dengan materi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127809
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15579]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository