Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Aplikasi Assemblr Studio Materi Konsep Dasar Geografi pada Pembelajaran Geografi Siswa SMA
Abstract
Pengembangan media pembelajaran dirancang untuk mempermudah proses belajar. Media Augmented Reality (AR) saat ini masih belum banyak dimanfaatkan dalam ilmu geografi, khususnya pada topik konsep geografi yang bersifat abstrak dan memerlukan visualisasi yang jelas untuk menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai validitas, respons siswa, dan hasil belajar dari media pembelajaran AR yang berbasis aplikasi Assemblr Studio tentang konsep dasar geografi dalam pembelajaran geografi bagi siswa SMA. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implement, Evaluated), serta menggunakan perangkat lunak pendukung yaitu Assemblr Studio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas dari ahli media diperoleh skor 4,58, ahli materi mendapatkan skor 4,81, dan praktisi pembelajaran meraih skor 4,83, semuanya termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran, respons siswa dari kelompok kecil mendapatkan nilai 4,22 dan kelompok besar meraih 4,23, sedangkan hasil belajar mencapai 85,83 dengan klasifikasi sangat baik. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran AR dapat digunakan dalam pengajaran geografi di kalangan siswa SMA.