Pengembangan LKPD Berbasis Komik pada Materi Ide Pokok Paragraf untuk Peserta Didik Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang bervariasi untuk meningkatkan minat dan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran serta memudahkan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, keefektifan, dan kepratisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis komik pada materi ide pokok paragraf untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah 29 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket, dan lembar tes. Hasil penelitian ini yait uji validitas produk yang diperoleh dari validator ahli media, bahasa, dan materi memperoleh skor 83,33 dengan kategori sangat layak. Uji keefektifan memperoleh skor sebesar 64,5% yang termasuk ke dalam kategori keefektifan relatif tinggi dan uji kepraktisan memperoleh skor 85 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis komik pada materi ide pokok paragraf memenuhi kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan sehingga dapat dikatakan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.