• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul IPA SMP Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Kearifan Lokal Mangrove di Kota Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Indah Repository.pdf (1.123Mb)
    Date
    2024-06-27
    Author
    RIZKYANTI, Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pembelajaran berbasis kearifan lokal penting untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Rendahnya pemahaman siswa tentang keanekaragaman hayati disebabkan oleh tingkat kesulitan yang tinggi dan cakupan materi yang luas. Selain itu, sumber belajar yang digunakan terbatas pada buku teks, sehingga siswa kurang mengenal kearifan lokal Probolinggo dan memiliki kesadaran yang rendah terhadap konservasi mangrove. Solusi alternatif untuk masalah ini adalah pengembangan modul IPA berbasis kearifan lokal mangrove di Kota Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul yang dikembangkan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model 4D Thigarajan, dimodifikasi menjadi 3D, yang mencakup tiga tahap utama. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan modul, lembar tes, dan angket respon siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ini sangat valid dengan skor 85,35% untuk aspek instruksional dan 94,53% untuk aspek teknis. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan modul ini memperoleh skor 89,48%, yang termasuk kategori sangat praktis. Modul berbasis kearifan lokal ini juga dinyatakan efektif dengan skor N-gain sebesar 0,46, yang termasuk kategori sedang, dan hasil angket respon siswa sebesar 80,2%, yang termasuk kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul IPA untuk SMP tentang keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal mangrove di Kota Probolinggo dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127718
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15585]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository