• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Brainwriting dengan Metode Nature Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Fitria Senda Lovefianti_200210402006_Repository Unej.pdf (948.9Kb)
    Date
    2024-05-17
    Author
    LOVEFIANTI, Fitria Senda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui strategi Brainwriting dengan metode Nature learning pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Jember. Siswa mengalami permasalahan dalam menulis puisi yaitu rendahnya kemampuan berpikir, berimajinasi saat menulis puisi sehingga siswa kesulitan dalam pemilihan diksi, bahasa figuratif, dan pengimajian. Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Subjek dan sumber datanya adalah seluruh siswa kelas VIII A SMPN 1 Jember yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi brainwriting dengan metode nature learning mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil perolehan nilai rata-rata menulis puisi dan skor menulis puisi pada setiap siklus. Pada tahap observasi nilai rata-rata siswa adalah 52,42 dengan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 9 (24,2%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 24 atau (73%). Pada siklus 1 nilai rata-rata meningkat menjadi 71,48 dengan jumlah siswa sebanyak 21 (63,6%) yang dinyatakan tuntas dan 12(36,3%) siswa belum tuntas. Pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat dibandingkan pada siklus 1 yaitu 82,30 dengan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 33 orang atau 100% mencapai KKM. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu 75 % siswa mencapai KKM, maka penelitian ini dikatakan sukses dan berhasil.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127709
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15579]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository