Penerapan Strategi Brainwriting dengan Metode Nature Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Jember
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui strategi Brainwriting dengan metode Nature learning pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Jember. Siswa mengalami permasalahan dalam menulis puisi yaitu rendahnya kemampuan berpikir, berimajinasi saat menulis puisi sehingga siswa kesulitan dalam pemilihan diksi, bahasa figuratif, dan pengimajian. Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Subjek dan sumber datanya adalah seluruh siswa kelas VIII A SMPN 1 Jember yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi brainwriting dengan metode nature learning mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil perolehan nilai rata-rata menulis puisi dan skor menulis puisi pada setiap siklus. Pada tahap observasi nilai rata-rata siswa adalah 52,42 dengan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 9 (24,2%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 24 atau (73%). Pada siklus 1 nilai rata-rata meningkat menjadi 71,48 dengan jumlah siswa sebanyak 21 (63,6%) yang dinyatakan tuntas dan 12(36,3%) siswa belum tuntas. Pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat dibandingkan pada siklus 1 yaitu 82,30 dengan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 33 orang atau 100% mencapai KKM. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu 75 % siswa mencapai KKM, maka penelitian ini dikatakan sukses dan berhasil.