• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN Balung

    Thumbnail
    View/Open
    Halfa Farida Novita H 200210302057.pdf (2.183Mb)
    Date
    2024-07-12
    Author
    HERMAWAN, Halfa Farida Novita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang bisa dibedakan oleh guru agar peserta didik-peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka pelajari, yaitu aspek konten yang mau diajarkan, aspek proses atau kegiatankegiatan bermakna yang akan dilakukan oleh peserta didik di kelas, dan aspek ketiga adalah asesmen berupa pembuatan produk yang dilakukan di bagian akhir yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMAN Balung. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMAN Balung. Manfaat praktis penelitian ini untuk menambah wawasan keilmuan dan pemahaman mengenai implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMAN Balung. Hasil penelitian ini yaitu: implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMAN Balung dilakukan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka dilakukan dengan membuat modul ajar terlebih dahulu, membuat asesmen diagnostik, menyusun metode, media, sumber belajar. Guru juga perlu mempersiapkan mental untuk dapat membimbing pembelajaran di kelas dengan berbagai karakter peserta didik. Selanjutnya guru perlu persiapan untuk dapat terus memotivasi anak dalam proses pembelajaran agar mereka semangat dalam pembelajaran di kelas, aktif dalam pembelajaran dan membuat pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Pada tahap persiapan guru memiliki peran yang sangat penting diantaranya guru sebagai perancang pembelajaran, guru sebagai fasilitator dan guru sebagai motivator. Tahap pelaksanaan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah terlaksana dengan baik dengan 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan dengan guru mengatur kondisi kelas supaya siap mengikuti pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Kegiatan inti yaitu guru melaksanakan asesmen diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan dasar peserta didik yang dapat dilakukan dengan asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif. Selanjutnya menganalisis kurikulum setelah mendapatkan hasil dari asesmen diagnostik untuk merencanakan strategi pembelajaran berdiferensiasi dari tahap awal hingga evaluasi. Adapun saran dari penelitiam ini adalah: menyarankan kepada peneliti lain agar dapat lebih meningkatkan kerjasama dengan informan penelitian untuk melakukan koordinasi yang lebih baik sehingga dapat membantu kelancaran dalam penelitian. Selain itu, peneliti juga menyarankan kepada guru untuk merancang pembelajaran, mampu memanfaatkan dan membuat media pembelajaran untuk digunakan dalam kegiatan proses belajar di kelas dengan kreatif. Guru harus memantau, mengevaluasi, dan menyempurnakan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal bagi peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127632
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository