Show simple item record

dc.contributor.authorIkhsanul Halikin
dc.date.accessioned2013-12-24T11:40:18Z
dc.date.available2013-12-24T11:40:18Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM050210101241
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12755
dc.description.abstractGraf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan yang muncul dalam perancangan sebuah jaringan berskala besar, maka hal ini juga berdampak bagi pengembangan teori graf, salah satunya yaitu bagaimana membangun sebuah graf berarah besar dengan batasan tertentu. Batasan ini kemudian dikenal dengan nama out-degree (derajat keluar), diameter, dan orde. Untuk mengetahui keberadaan sebuah graf berarah dengan out-degree, diameter, dan orde tertentu, salah satu jalan yaitu dengan meneliti keteraturan dari graf berarah itu. Dalam penelitian ini, peneliti telah melakukan penelitian terhadap keteraturan graf berarah kurang dua dari batas Moore dengan out-degree 4 dan diameter 3 dengan hasil akhir bahwa graf berarah tersebut adalah diregular(teratur). Dalam melakukan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode deduktif, induktif, dan brute force. Untuk mengetahui keteraturan dari graf berarah, pembahasannya harus ditinjau dari dua aspek yaitu bagaimanakah out-regularitynya dan bagaimanakah in-regularitynya. Jika suatu graf berarah dinyatakan in-regular (teratur masuk) dan out-regular (teratur keluar), maka graf berarah tersebut dapat dinyatakan sebagai graf berarah diregular.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101241;
dc.subjectGRAF,BATAS MOOREen_US
dc.titlePenerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga).en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record