Implementasi Kegiatan Kesekretariatan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kabupaten Jember
Abstract
DPPPAKB memiliki banyak kegiatan kesekretariatan untuk menunjang
administrasi kegiatan dinas. Kegiatan kesekretariatan pada PPPAKB
diantaranya meliputi: pelayanan penerimaan tamu dinas, pengelolaan surat
masuk dan surat keluar serta pembuatan berita di PPID dinas, setiap kegiatan
kesekretariatan pada DPPPAKB memiki prosedur tersendiri dalam
menjalankan kegiatannya agar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan
arahan yang telah ditetapkan.
Selama magang PKN, mahasiswa terlibat dalam kegiatan seperti pelayanan dan
penerimaan tamu dinas, pengelolaan surat masuk dan surat keluar, penyaluran
surat ke berbagai bidang, dokumentasi kegiatan dinas, serta pembuatan naskah
berita PPID dinas.
Selama magang PKN, mahasiswa menemukan beberapa permasalahan dan
memberikan solusi alternatif, antara lain: disarankan untuk mengadakan rapat
tentang pengetahuan SOP kepada seluruh karyawan agar mereka memahami
dan mengetahui SOP yang telah ditetapkan oleh kantor. Dinas perlu lebih tegas
dalam menerapkan SOP yang telah ditetapkan agar tamu yang tidak
berkepentingan tidak dapat masuk atau keluar kantor dengan sembarangan.
Selain itu, resepsionis leibh memperhatikan dan mengingatkan dalam pengisian
buku tamu dan memberikan kesan dan pesan, sehingga saran yang tercatat
dapat menjadi evaluasi bagi dinas di masa yang akan datang, melakukan
pengecekan secara berkala tanggal surat masuk yang telah diterima agar proses
penerusan surat pada bidang/orang yang dituju tidak mengalami keterlambatan,
membuat jadwal pengunggahan berita agar pengunggahan berita dapat
terjadwal.
Kendala dan hambatan yang dialami mahasiswa selama praktik kerja nyata pada
DPPPAKB Kabupaten Jember yaitu kurangnya fasilitas komputer di dalam dinas
sehingga pegawai dinas dan mahasiswa magang mengerjakan tugasnya dengan
perangkat pribadinya.
Collections
- DP-Sectariat Economic [248]