Female Gaze pada Film Hala (2019) melalui Analisis Unsur Sinematografi Joseph V. Mascelli
Abstract
Di kehidupan masyarakat modern, film telah menjadi media yang sangat
penting dengan mengemas fenomena sosial dalam bentuk cerita, gambar, kata-kata,
dan musik. Seperti teori McLuhan yang menyatakan bahwa film memiliki
kemampuan untuk memperluas pengalaman manusia, sebab film telah menjadi
bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat berbudaya maju.
Dalam konteks ini, film tidak hanya menjadi media hiburan semata, tetapi juga
memiliki potensi yang kuat untuk mengkomunikasikan pesan-pesan sosial,
membangun kesadaran, dan merangsang refleksi tentang isu-isu yang relevan
Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori sinematografi oleh Joseph V.
Mascelli dengan mengusung konsep Female Gaze berupa objek film Hala. Fokus
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana wujud visualisasi Female Gaze
pada film Hala untuk merepresentasikan pengalaman hidup tokoh utama Hala.
Penulis menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif tipe deskriptif untuk
memperoleh pemahaman dan gambaran fenomena melalui deskripsi yang terkait
dengan Female Gaze pada unsur sinematografi.
Dalam film Hala, Female Gaze dapat dilihat melalui banyaknya sudut
pandang subjektif melalui beberapa unsur sinematografi yang dapat mengarahkan
perhatian penonton di tiap adegan atau momen-momen yang relevan berupa
pengalaman hidup tokoh Hala, pada akhirnya dapat menciptakan Female Gaze
yang kuat. Dengan demikian, penonton dapat ikut merasakan dan memahami sudut
pandang perempuan yang khas dan empatik lewat gambar-gambar yang
ditampilkan dalam film Hala.