Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Domba dan Sahabat Rimba Karya Kak Thifa Sebagai Alternatif Bahan Ajar Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar
Abstract
Tingginya kasus kekerasan dan bullying yang terjadi merupakan krisis karakter atau lunturnya nilai-nilai karakter pada anak. Tantangan dan permasalahan tersebut mudah dihadapi jika anak memiliki nilai-nilai karakter yang baik dari berbagai aspek melalui pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ada dalam dongeng, mendeskripsikan pemanfaatan dongeng sebagai bahan ajar alternatif di sekolah dasar, dan mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Hibermas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 nilai pendidikan karakter dalam buku “Dongeng Domba dan Sahabat Rimba” karya Kak Thifa. Buku dongeng dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar siswa kelas 2 sekolah dasar dalam bentuk LKPD. Upaya atau cara yang dilakukan guru kelas IIA dan IIC SD dalam menanamkan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu melalui keteladanan, pembelajaran kolaboratif dan aktif di kelas, cerita dan sastra, penilaian atau refleksi karakter, nasehat dan hukuman, serta pemberian motivasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 13 nilai pendidikan karakter dalam buku “Dongeng Domba dan Sahabat Rimba” karya Kak Thifa. Dongeng dapat dijadikan salah satu bahan ajar alternatif bagi siswa kelas dua sekolah dasar serta upaya atau cara yang dilakukan guru dalam menanamkan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara.