Pengaruh Keragaman Produk dan Persepsi Harga terhadap Impulse Buying pada Konsumen Rindang Khatulistiwa Jember
Abstract
Persaingan antar pengusaha ritel terus terjadi dengan pembangunan berkelanjutan, melihat antusiasme masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya, khususnya pada sektor konsumsi rumah tangga. Oleh karena itu, pelaku bisnis ritel dituntut untuk mampu memahami perilaku konsumen yang semakin kompleks dengan melakukan inovasi agar dapat diterima oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keragaman produk dan persepsi harga secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada konsumen Rindang Khatulistiwa Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 110 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif di Rindang Khatulistiwa Jember, semakin baik keragaman produk maka semakin tinggi pembelian impulsif di Rindang Khatulistiwa Jember. Persepsi harga berpengaruh tidak signifikan terhadap pembelian impulsif di Rindang Khatulistiwa Jember. Semakin baik persepsi harga maka akan semakin kecil pula peningkatan pembelian impulsif di Rindang Khatulistiwa Jember. Keragaman produk dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif di Rindang Khatulistiwa Jember, keragaman produk dan persepsi harga mendorong konsumen melakukan pembelian impulsif di Rindang Khatulistiwa Jember karena konsumen merasa tertarik untuk membeli produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan.