• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Algoritma Supervised Learning untuk Memprediksi Lama Masa Studi dan IPK Mahasiswa FKIP Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    repository_rizqi_annisah_fkip_200210101053.pdf (2.326Mb)
    Date
    2025-01-25
    Author
    MUNFA’ATIN, Rizqi Annisah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan supervised learning khususnya K-NN untuk memprediksi IPK dan masa studi mahasiswa FKIP dengan menganalisis fitur, seperti NIM, IPK, masa studi, SKS, dan Program Studi. Proses pengambilan data dimulai dengan wawancara dan dokumentasi bersama staff akdemik FKIP, serta penyebaran angket secara online, menghasilkan 2.827 records data wisudawan dan 162 records data mahasiswa terkait IPK, masa studi, dan hambatan yang dialami. Setelah proses pembersihan data, prediksi menggunakan K-NN dengan bantuan bahasa pemrograman phyton dipilih karena kesederhanaannya dalam klasifikasi kedekatan jarak seperti Euclidean. Model menunjukkan performa terbaik pada nilai k tertentu, dengan akurasi optimal untuk memprediksi lama studi dan IPK. Prediksi masa studi mahasiswa FKIP menghasilkan akurasi 93.40%, recall 93.40%, precision 92,77%, dan F1-score 92,99%. Prediksi IPK mahasiswa FKIP menghasilkan akurasi 94,94%, recall 94,94%, precision 94,40%, dan F1-score 94,64%. Prediksi masa studi mahasiswa Pendidikan matematika menghasilkan akurasi 93,06%, recall 93,06%, precision 91,53%, dan F1-score 92,05%. Prediksi IPK mahasiswa Pendidikan matematika menghasilkan akurasi 91,64%, recall 91,64%, precision 92,06%, dan F1score 91,78%. Evaluasi menunjukkan model K-NN dapat diandalkan dengan prediksi akurat dan konsisten. Persentase mahasiswa FKIP dengan masa studi tepat waktu sebanyak 0.47%, cepat sebanyak 39.22%, terlambat satu semester sebanyak 2%, terlambat dua semester sebanyak 1.65% dan terlambat 3 semester atau lebih sebanyak 56.65%. Persentase mahasiswa pendidikan matematika dengan masa studi cepat sebanyak 55.56%, terlambat satu semester sebanyak 41.67%, dan terlambat dua sebanyak 2.78%. Persentase mahasiswa FKIP dengan IPK dengan kategori A sebanyak 81.51%, dan AB sebanyak 18.49%. Persentase mahasiswa pendidikan matematika dengan IPK dengan kategori AB sebanyak 69.44%, dan B sebanyak 30.56%. Secara keseluruhan, K-NN menunjukkan kinerja baik dalam memprediksi IPK dan masa studi, sehingga dapat digunakan sebagai alat pendukung akademik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127463
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository