• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Iqna’ul Ma’rifah_200210303061 (1.104Mb)
    Date
    2024-10-17
    Author
    MA’RIFAH, Iqna’ul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pendidikan berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga bisa menangkap materi pelajaran secara lebih baik. Model pembelajaran konvensional belum memberikan pengaruh yang maksimal terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Self-Directed Learning Berbantuan Mind Mapping dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) berbantuan Mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen serta menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang diberi treatment ialah 74 sedangkan pada kelas yang tidak diberi treatment ialah 57,19. Pada variabel hasil belajar kelas yang diberi treatment mendapat nilai rata-rata 70,76 sedangkan kelas yang tidak mendapat treatment ialah 53,75. Menurut hasil uji hipotesis yang telah dilakukan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan model Self-Directed Learning berbantuan Mind mapping memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127453
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository