Pengaruh Promosi, Citra Merek, dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah (Studi Empiris Produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Kantor Cabang A Yani Jember)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Citra Merek, dan Motivasi terhadap Keputusan Nasabah mendaftar produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah di Kanto Cabang A Yani Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan Explanatory Research dengan penggunaan seluruh populasi sebagai sampel dengan jumlah 102 orang. Pengambilan sampel dengan salah satu metode probability sampling, yaitu sensus dimana peneliti memperoleh data dari seluruh populasi. Peneliti menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari sampel dengan melakukan penyebaran kuesioner secara offline kepada nasabah maupun calon nasabah produk Arrum Haji Pegadaian Syariah Kantor Cabang A Yani Jember.
Perolehan data kuesioner yang telah diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26 menyatakan secara parsial variabel citra merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan nasabah, tetapi variabel promosi dan variabel motivasi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan nasabah. Sedangkan, secara simultan variabel promosi, citra merek, dan motivasi mempunyai mengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan nasabah.
Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa apabila variabel independen berjalan sendiri hanya satu variabel yang dapat memengaruhi variabel dependen. Tetapi, apabila semua variabel independen dilaksanakan secara bersamaan hal ini dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap variabel dependen.