Strategi Pengembangan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Kabupaten Banyuwangi Melalui Program Digitalisasi
Abstract
Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen adalah gunung aktif yang berada
dalam kawasan konservasi cagar alam dan terkenal dengan fenomena langka blue
fire, menjadikannya destinasi wisata populer, termasuk bagi wisatawan
mancanegara. Dalam pengembangannya, TWA Kawah Ijen melibatkan
masyarakat sekitar dan telah mengadopsi digitalisasi sejak pandemi COVID-19.
Namun, kualitas sumber daya manusia yang terlibat masih perlu ditingkatkan agar
digitalisasi dapat berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi pengelola dalam mengembangkan TWA Kawah Ijen melalui program
digitalisasi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
KSDA Wilayah V Banyuwangi, sebagai pengelola, telah memberdayakan sekitar
450 masyarakat lokal dalam berbagai kegiatan. Beberapa program digitalisasi
yang diterapkan meliputi peningkatan akses jaringan, pemesanan tiket online,
layanan pengunjung, pemasaran, dan sistem CashLess Payment. Selain itu,
pembinaan serta pelatihan juga dilakukan untuk mendukung keberhasilan program
digitalisasi.