Tata Kelola Administrasi Pelayanan Perizinan Praktik Dokter pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember
Abstract
Pelayanan menjadi faktor penting dalam sebuah lembaga pemerintahan, karena pelayanan merupakan aktivitas yang berkaitan langsung dengan pelanggan. Lembaga melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan, karena lembaga pemerintahan akan mendapatkan image positif apabila mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Demi mencapai dan meningkatkan kualitas pelayanan yang baik, suatu lembaga atau organisasi membutuhkan tata kelola yang baik. Hubungannya dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember selaku pelaksana pelayanan publik harus mampu merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan sistem pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat pengguna. Tata Kelola bidang perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sudah sangat baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).