Pengembangan E-Diktat Berbasis Brainstorming Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA di Jember
Abstract
Keanekaragaman hayati merupakan salah satu topik dalam materi kelas X SMA yang mengandung banyak penjelasan sehingga siswa mudah bosan mempelajari materi tersebut. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut guru untuk melakukan berbagai inovasi untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah pengembangan bahan ajar digital. Diktat digital atau e-diktat merupakan bahan ajar yang sesuai karena berisi rangkuman materi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan e-diktat yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis memiliki 5 indikator, yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lebih lanjut dan menentukan strategi dan taktik. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dengan uji skala terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-diktat terbukti valid, praktis dan efektif. Valid dengan skor rata-rata para ahli sebesar 86,81% yang menunjukkan kategori sangat valid. Angket praktikalitas menunjukkan angka rata-rata 88% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan diperoleh rata-rata skor pretest sebesar 44,232 dan rata-rata posttest sebesar 72,441. Perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen's menghasilkan hasil 1,618 yang menunjukkan kategori tinggi.