• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Berbasis STEM untuk Menangani Pencemaran Air Melalui Bahan Kimia Alam Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    200210103043_Annisa Aprilia Risa Umami.pdf (4.288Mb)
    Date
    2025-01-22
    Author
    UMAMI, Annisa Aprilia Risa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Arus kehidupan yang semakin modern memunculkan suatu aspek yang dapat berdampak pada aspek pendidikan, hal tersebut dapat membuat aspek pendidikan menjadi lemah. Guru dapat memberikan pengalaman belajar dengan merancang proses pembelajaran yang berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media berbasis STEM untuk mengatasi pencemaran air melalui bahan kimia alami terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas di SMAN Pakusari Jember dengan teknik purposive sampling dimana satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kognitif berupa pretest-postest dan tes kemampuan berpikir kritis dengan soal uraian yang mengacu pada ahli Ennis. Kelompok eksperimen diberikan media berbasis STEM dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai p ˂ 0,05 untuk prestasi dan kemampuan berpikir kritis. Terdapat pengaruh media berbasis STEM untuk mengatasi pencemaran air melalui bahan kimia alam terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar. Siswa dengan media berbasis STEM lebih mampu mengembangkan keterampilan intelektual dalam menganalisis argumen pemecahan masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127374
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15745]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository