Show simple item record

dc.contributor.authorRIF'AT, Ziefa
dc.date.accessioned2025-07-15T02:06:25Z
dc.date.available2025-07-15T02:06:25Z
dc.date.issued2025-01-10
dc.identifier.nim210210101010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127341
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran geogebra berbasis etnomatematika gudang atag terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMP. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru matematika SMPN 6 Jember, kemampuan berpikir spasial siswa belum pernah dilatih dan pemanfaatan teknologi khususnya geogebra sebagai media pembelajaran di sekolah tersebut masih belum maksimal. Indikator kemampuan berpikir spasial yang digunakan dalam penelitian ini meliputi visualisasi spasial, orientasi spasial, dan relasi spasial. Media pembelajaran yang digunakan adalah kombinasi antara fitur 3D geometry pada geogebra dan etnomatematika gudang atag. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian kombinasi ini meliputi tahap persiapan, tahap validasi instrumen, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap penarikan kesimpulan. Pada tahap persiapan, penentuan tempat penelitian merupakan fokus utama yang didasarkan pada purposive area sampling. Selanjutnya, kegiatan pada tahap validasi instrumen adalah proses validasi semua instrumen yang telah dibuat meliputi lembar tes, pedoman wawancara, dan angket respon pengguna. Hasil analisis validasi semua instrumen penelitian berada pada rentang 3 ≤ 𝑉𝑎 ≤ 4 sehingga semua instrumen dinyatakan valid. Tahap pelaksanaan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perbedaan perlakuan. Pada kelas eksperimen melakukan pretest, pembelajaran PBL dengan menggunakan media pembelajaran geogebra berbasis etnomatematika gudang atag, dan melakukan posttest; sedangkan pada kelas kontrol melakukan pretest, pembelajaran PBL tanpa menggunakan media pembelajaran geogebra berbasis etnomatematika gudang atag, dan melakukan posttest. Tahap pelaksanaan diakhiri dengan kegiatan wawancara dengan responden penelitian yang dipilih berdasarkan nilai posttest siswa kelas eksperimen. Tahapan selanjutnya adalah tahap analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dan dilanjutkan dengan analisis data secara kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji t memberikan hasil signifikansi 0,010 (𝑆𝑖𝑔. ≤ 0,05) dan hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata gainscore kelas eksperimen (35,00) lebih tinggi daripada kelas kontrol (23,91) sehingga melalui analisis kuantitatif didapatkan hasil bahwa penggunaan media pembelajaran geogebra berbasis etnomatematika gudang atag memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMP. Analisis kualitatif dengan mendeskripsikan hasil wawancara menunjukkan bahwa semua responden penelitian sepakat bahwa penggunaan geogebra membantu mereka dalam menyelesaikan keseluruhan soal yang mewakili setiap indikator kemampuan berpikir spasial walaupun masih terdapat beberapa kesalahan khususnya pada soal yang mewakili aspek visualisasi spasial. Geogebra berbasis etnomatematika dapat memberikan tampilan objek nyata yang bisa diputar sehingga membantu siswa dalam merotasikan objek. Selain itu, geogebra menampilkan tampilan visualisasi yang memudahkan siswa dalam membayangkan objek yang diinginkan.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd. DPA: Lela Nur Safrida, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGeogebraen_US
dc.subjectGudang Atagen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectBerpikir Spasialen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra Berbasis Etnomatematika Gudang Atag Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lela Nur Safrida, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record