• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Scientific Collaborative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kreativitas Ilmiah dan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Laily Nur Amaliah_220220104017 (6.166Mb)
    Date
    2025-01-23
    Author
    AMALIAH, Laily Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan keterampilan kreativitas ilmiah siswa merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan sains, karena dapat menumbuhkan pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir kritis yang sesuai dengan tantangan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Pembelajaran Kolaboratif Ilmiah untuk meningkatkan keterampilan kreativitas ilmiah siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Nieveen, yang meliputi serangkaian tahapan yaitu studi pendahuluan, desain, uji terbatas, revisi, uji lapangan, dan diseminasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dari dua sekolah di Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SCL menunjukkan tingkat validitas sebesar 94,05%, yang dikategorikan sebagai “Sangat valid”. Efektivitas model dalam meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa dibuktikan dengan nilai N-gain sebesar 0,71 pada uji coba kelas kecil yang termasuk dalam kategori sedang, 0,68 pada uji coba kelas besar yang juga termasuk dalam kategori sedang, dan 0,68 pada uji coba kelas diseminasi yang juga termasuk dalam kategori sedang. Model Scientific Collaborative Learning telah divalidasi dan terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran sains, khususnya dalam konteks sistem peredaran darah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127325
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [269]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository