Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk Motor Matic Honda dengan Teknologi eSAF
Abstract
Meningkatkan angka penjualan produk perusahaan perlu adanya berbagai
aspek yang perlu diperhatikan dalam menciptakan produk tersebut bermanfaat bagi
konsumen. Di tengah persaingan produk merek lain, kepuasan konsumen merupakan
hal yang perlu diperhatikan perusahaan agar konsumen tersebut bisa membeli ulang
produk. Sebagai salah satu industri otomotif di Indonesia, Honda dalam menciptakan
angka penjualan yang tinggi menunjukan bahwa Honda berhasil menciptakan produkproduk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Konsumen saat ini lebih
memperhatikan produk dalam menentukan pembelian. Dalam hal ini harga dan kualitas
produk mempunyai peran yang besar terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan
konsumen merupakan hal yang penting bagi perusahaan agar terciptanya pembelian
ulang. Honda telah berhasil dalam membuat konsumennya untuk membeli ulang
produk dengan teknologi eSAF, namun di tengah isu-isu negatif yang beredar
perusahaan perlu menegaskan bahwa produknya di produksi dengan kualitas yang baik
prosedur dan perusahaan perlu memahami solusi yang cocok di tengah beredarnya isu
negatif.
Penelitian ini menggunakan explanatory research yang bertujuan untuk
menjelaskan kedudukan variabel yang diteliti, yaitu pengaruh harga dan kualitas
produk terhadap minat beli ulang produk dengan kepuasan konsumen sebagai variabel
intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna produk Honda di
Indonesia. Metode pengambilan sampel penelitian ini adalah non probability sampling
dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 170
responden. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dikuantitatifkan. Sumber
data ini adalah data primer yang diperoleh dari menyebar kuesioner secara online dan
metode analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian menunjukan: Harga dan Kualitas Produk berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Harga, Kualitas Produk, dan Kepuasan
Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Harga berpengaruh
signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen. Kualitas Produk
berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen.
Collections
- MT-Management [551]