• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Anghayu Setyorini_180210204076; (817.4Kb)
    Date
    2025-01-31
    Author
    SETYORINI, Anghayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika diajarkan dalam pendidikan formal untuk membantu siswa menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Hevitria & Kurniasi (2024:8), pemecahan masalah merupakan bagian yang sangat penting dari standar matematika, karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat non-rutin. Metakognisi memiliki hubungan erat dengan pemecahan masalah dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 5 Bulurejo Banyuwangi, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V pada pokok bahasan pecahan masih rendah. Banyak siswa kesulitan dengan masalah non-rutin. 80% siswa pada tahun ajaran 2024/ 2025 tidak memenuhi kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP). Hal tersebut disebabkan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang mendukung perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang di dalamnya memberi pembekalan dan pengembangan persoalan nyata dari kehidupan nyata siswa guna merangsang kemampuan tingkat tinggi siswa. Model PBL dengan pendekatan metakognitif merupakan salah satu model pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dilakukan penelitian mengenai penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan pecahan kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “bagaimanakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V di SDN 5 Bulurejo Banyuwangi pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi pada pokok bahasan pecahan setelah diterapkan model PBL dengan pendekatan metakognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas Hopkins dengan dua siklus. Subjek penelitian melibatkan 20 siswa kelas V di SDN 5 Bulurejo Banyuwangi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/ 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada hasil belajar siklus I terdapat peningkatan sebesar 9,64 dari prasiklus, dan peningkatan hasil belajar pada siklus II sebesar 11,78 dari siklus I. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa juga menunjukkan peningkatan pada semua indikator, dan 60% siswa sudah memenuhi KKTP. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan pecahan kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi. Saran dalam penelitian yakni, guru dapat menjadikan model PBL dengan pendekatan metakognitif sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V pada pokok bahasan pecahan, pihak sekolah dapat memberi dukungan proaktif pada guru kelas yang akan menerapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan metakognitif demi tercapainya tujuan yang diharapkan, dan peneliti lain yang hendak melakukan penelitian serupa, dapat melakukan penelitian mengenai keterampilan proses siswa yang menjadi kendala siswa dalam memecahkan masalah matematis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127298
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository