• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Etnomatematika pada Aksesoris Tari Remo Boletan Jombang Jawa Timur sebagai Lembar Kerja Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    LINI SAKILATIN_180210204244_SKRIPSI FKIP.pdf (2.194Mb)
    Date
    2025-01-29
    Author
    SAKILATIN, Lini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep-konsep etnomatematika yang terdapat dalam aksesoris yang dikenakan olehpenari Tari Remo Boletan Jombang serta menyusun lembar kerja Matematika yang sesuai untuk peserta didik kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika dalam Tari Remo Boletan, yang berfokus pada aksesoris yang dikenakan oleh penari. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara pada pemilik sanggar Sasana Gebyar Seni dan penari Remo Boletan. Tari Remo Boletan dijadikan sebagai objek penelitian karena Tari Remo Boletan merupakan salah satu budaya yang dimiliki oleh kota Jombang. Tempat objek penelitian berada di Sanggar Tari Sasana Gebyar Seni yang beralamatkan di Griya Jombang Indah L/8, Kecamatan Jombang, Jawa Timur. Mengingat Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar dipahami oleh peserta didik terutama peserta didik sekolah dasar. Anggapan peserta didik pada mata pelajaran Matematika yang sukar dipahami membuat mereka cepat merasa bosan saat proses pembelajaran Matematika. Kebanyakan guru memberikan contoh soal yang tidak berkaitan dengan hal-hal yang ada di sekitar peserta didik, permasalahan tersebut membuat proses pembelajaran Matematika tidak berjalan dengan baik, sehingga kurang maksimal dan tidak efektif. Diperlukan pembelajaran Matematika yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik, contoh Matematika yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik, contoh salah satunya ialah budaya yang ada disekitar peserta didik. Tari Remo Boletan merupakan salah satu budaya yang ada di sekitar peserta didik yang mengandung unsur Matematika. Aksesoris yang dikenakan oleh para penari Tari Remo Boletan dapat dipergunakan sebagai penunjang Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif, dengan analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Dalam proses analisisnya melalui beberapa tahap, diantaranya ialah: (1) uji validassi instrumen, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah terdiri dari wawacara, observasi, serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrumen observasi dan instrumen wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aksesoris yang dikenakan penari Tari Remo Boletan Jombang mengandung berbagai konsep matematika geometri. Bangun datar seperti segitiga, trapesium, persegi panjang, dan lingkaran banyak ditemukan pada aksesoris yang dikenakan oleh penari. Berdasarkan hasil tersebut, data yang diperoleh digunakan untuk menyusun lembar kerja peserta didik pada mata pelajaran Matematika yang menggabungkan materi Matematika dengan kebudayaan sekitar peserta didik, yaitu Tari Remo Boletan Jombang. Lembar kerja ini dirancang untuk membantu peserta didik memahami konsep Matematika secara kontekstual dengan mengaitkan aksesoris yang dikenakan oleh penari. Melalui pendekatan ini, diharapkan peserta didik dapat belajar Matematika dengan cara yang lebih relevan dan menarik. Implementasi lembar kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep Matematika dasar melalui pembelajaran yang terhubung dengan budaya. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan ialah Tari Remo Boletan Jombang memuat konsep-konsep matematika seperti, garis, sudut, serta bangun datar. Hasil penelitian digunakan sebagai bahan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik kelas III sekolah dasar yang berhubungan dengan etnomatematika pada Tari Remo Boletan Jombang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127277
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository