Eksplorasi Etnomatematika pada Aksesoris Tari Remo Boletan Jombang Jawa Timur sebagai Lembar Kerja Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis
konsep-konsep etnomatematika yang terdapat dalam aksesoris yang dikenakan
olehpenari Tari Remo Boletan Jombang serta menyusun lembar kerja Matematika yang
sesuai untuk peserta didik kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah penelitian
deskriptif dengan pendekatan etnografi untuk mengeksplorasi konsep-konsep
matematika dalam Tari Remo Boletan, yang berfokus pada aksesoris yang dikenakan
oleh penari. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan
wawancara pada pemilik sanggar Sasana Gebyar Seni dan penari Remo Boletan. Tari
Remo Boletan dijadikan sebagai objek penelitian karena Tari Remo Boletan merupakan
salah satu budaya yang dimiliki oleh kota Jombang. Tempat objek penelitian berada di
Sanggar Tari Sasana Gebyar Seni yang beralamatkan di Griya Jombang Indah L/8,
Kecamatan Jombang, Jawa Timur.
Mengingat Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar
dipahami oleh peserta didik terutama peserta didik sekolah dasar. Anggapan peserta
didik pada mata pelajaran Matematika yang sukar dipahami membuat mereka cepat
merasa bosan saat proses pembelajaran Matematika. Kebanyakan guru memberikan
contoh soal yang tidak berkaitan dengan hal-hal yang ada di sekitar peserta didik,
permasalahan tersebut membuat proses pembelajaran Matematika tidak berjalan
dengan baik, sehingga kurang maksimal dan tidak efektif. Diperlukan pembelajaran
Matematika yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik, contoh Matematika yang
berkaitan dengan kehidupan peserta didik, contoh salah satunya ialah budaya yang ada
disekitar peserta didik. Tari Remo Boletan merupakan salah satu budaya yang ada di
sekitar peserta didik yang mengandung unsur Matematika. Aksesoris yang dikenakan
oleh para penari Tari Remo Boletan dapat dipergunakan sebagai penunjang Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif, dengan analisis data yang
digunakan ialah deskriptif kualitatif. Dalam proses analisisnya melalui beberapa tahap,
diantaranya ialah: (1) uji validassi instrumen, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan
(4) kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah terdiri dari wawacara,
observasi, serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrumen
observasi dan instrumen wawancara.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa aksesoris yang dikenakan penari Tari
Remo Boletan Jombang mengandung berbagai konsep matematika geometri. Bangun
datar seperti segitiga, trapesium, persegi panjang, dan lingkaran banyak ditemukan
pada aksesoris yang dikenakan oleh penari. Berdasarkan hasil tersebut, data yang
diperoleh digunakan untuk menyusun lembar kerja peserta didik pada mata pelajaran
Matematika yang menggabungkan materi Matematika dengan kebudayaan sekitar
peserta didik, yaitu Tari Remo Boletan Jombang. Lembar kerja ini dirancang untuk
membantu peserta didik memahami konsep Matematika secara kontekstual dengan
mengaitkan aksesoris yang dikenakan oleh penari. Melalui pendekatan ini, diharapkan
peserta didik dapat belajar Matematika dengan cara yang lebih relevan dan menarik.
Implementasi lembar kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik
terhadap konsep-konsep Matematika dasar melalui pembelajaran yang terhubung
dengan budaya.
Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan ialah Tari Remo Boletan
Jombang memuat konsep-konsep matematika seperti, garis, sudut, serta bangun datar.
Hasil penelitian digunakan sebagai bahan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik
kelas III sekolah dasar yang berhubungan dengan etnomatematika pada Tari Remo
Boletan Jombang.