• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Berbantuan Teachable Machine Untuk Meningkatkan Communication Writing Skill Siswa pada Pembelajaran IPA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    M. Ulul Albab Kholifatul Ardli_200210104082 (4.215Mb)
    Date
    2025-01-02
    Author
    ARDLI, M. Ulul Albab Kholifatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi siswa agar mampu menghadapi perubahan lingkungan, termasuk revolusi informasi yang terus berkembang. Dalam konteks pembelajaran IPA di SMP, siswa mempelajari konsepkonsep ilmiah melalui investigasi langsung, namun sering kali dianggap sulit akibat metode pengajaran yang kurang interaktif. communication writing skill menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan, karena membantu siswa menyajikan dan memahami informasi ilmiah secara efektif. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keterampilan ini masih rendah di kalangan siswa Indonesia, disebabkan minimnya media pembelajaran yang menarik dan relevan. Teknologi berbasis AI, seperti Teachable Machine, menawarkan solusi untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan. Teachable Machine memungkinkan siswa melatih model klasifikasi berbasis AI yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi makhluk hidup, sehingga relevan untuk meningkatkan communication writing skill siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul berbantuan Teachable Machine untuk meningkatkan communication writing skill siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Penelitian dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Modul dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan memuat materi yang menarik, kegiatan siswa berbasis teknologi, dan soal evaluasi. Uji validasi melibatkan tiga validator, sementara kepraktisan modul diuji melalui observasi aktivitas siswa. Keefektifan modul diukur menggunakan pretest dan postest dengan analisis N-gain. Penelitian dilaksanakan di MTs 2 Jember dengan subjek siswa kelas VII, yang mencerminkan kebutuhan nyata dalam pembelajaran IPA berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbantuan Teachable Machine memiliki validitas tinggi dengan rata-rata 86%, masuk kategori "sangat valid." Validasi meliputi aspek kegrafikan, bahasa, dan isi, dengan rekomendasi minor dari validator untuk menyempurnakan materi. Modul dinilai sangat praktis berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dengan skor rata-rata 87%. Aktivitas seperti membaca petunjuk modul dan menggunakan aplikasi Teachable Machine menunjukkan hasil yang sangat baik, sementara presentasi diskusi memerlukan pendampingan lebih lanjut. Dari sisi keefektifan, uji N-gain menunjukkan peningkatan yang signifikan pada communication writing skill siswa, dengan rata-rata 0,67, kategori sedang. Indikator “mengubah bentuk penyajian” memperoleh hasil tertinggi dengan N-gain 0,82 (kategori tinggi), sedangkan indikator “menganalisis tabel” dan “menjelaskan hasil percobaan” berada di kategori sedang. Respon siswa terhadap modul juga sangat positif, dengan persentase rata-rata 83%, menunjukkan bahwa modul menarik, mudah dipahami, dan mendukung pembelajaran aktif. Pengembangan modul berbantuan Teachable Machine telah berhasil menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif. Modul ini tidak hanya memfasilitasi pembelajaran IPA secara interaktif tetapi juga meningkatkan communication writing skill siswa. Validitas yang tinggi memastikan modul ini sesuai dengan kebutuhan siswa, sementara kepraktisan dan keefektifan modul membuktikan keberhasilannya dalam meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa terhadap materi IPA. Modul ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran inovatif, mendukung integrasi teknologi dalam pendidikan, serta membantu siswa beradaptasi dengan tantangan era digital. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pengembangan media berbasis teknologi untuk menjembatani kesenjangan dalam pembelajaran berbasis kompetensi di abad ke-21.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127244
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository