Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Himpunan
Abstract
Numerasi memiliki peran penting karena berkontribusi dalam memahami informasi berupa simbol yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tolak ukur kecakapan literasi pendidikan Indonesia saat ini adalah numerasi. Namun, berdasarkan data dari Organization for Economic Cooperation and Development (2023), kemampuan numerasi siswa Indonesia di tingkat Internasional masih terbilang rendahdengan penurunan sebesar 13 poin dibandingkan tahun 2018. Hal tersebut sejalan dengan hasil wawancara kepada guru serta observasi peneliti di sekolah, saat dilakukan uji coba kepada siswa untuk mengetahui
kemampuan numerasi di kelas terlihat bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah numerasi. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih terbatas pada metode konvensional, sehingga kurang efektif dalam mengasah pemahaman dan kemampuan numerasi siswa. Salah satu media yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran adalah media pembelajaran berbantuan ArticulateStoryline. Aplikasi tersebut dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti tersedia berbagai fitur yang dapat digunakan secara gratis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan
menerapkan model pengembangan Thiagarajan (4D). Analisis dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga, yaitu analisis kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis kevalidan, diperoleh skor 0,97 dengan kriteria sangat tinggi sehingga mendapatkan kategori sangat valid. Analisis keefektifan diperoleh persentase N-Gain sebesar 85,2% dengan kategori efektif. Analisis kepraktisan diperoleh persentase 87,7% dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran berbantuan Articulate Storyline memenuhi kategori valid, efektif, dan praktis sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.