• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Himpunan

    Thumbnail
    View/Open
    Nuril Salviana_200210101011 (3.488Mb)
    Date
    2025-01-31
    Author
    SALVIANA, Nuril
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Numerasi memiliki peran penting karena berkontribusi dalam memahami informasi berupa simbol yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tolak ukur kecakapan literasi pendidikan Indonesia saat ini adalah numerasi. Namun, berdasarkan data dari Organization for Economic Cooperation and Development (2023), kemampuan numerasi siswa Indonesia di tingkat Internasional masih terbilang rendahdengan penurunan sebesar 13 poin dibandingkan tahun 2018. Hal tersebut sejalan dengan hasil wawancara kepada guru serta observasi peneliti di sekolah, saat dilakukan uji coba kepada siswa untuk mengetahui kemampuan numerasi di kelas terlihat bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah numerasi. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih terbatas pada metode konvensional, sehingga kurang efektif dalam mengasah pemahaman dan kemampuan numerasi siswa. Salah satu media yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran adalah media pembelajaran berbantuan ArticulateStoryline. Aplikasi tersebut dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti tersedia berbagai fitur yang dapat digunakan secara gratis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Thiagarajan (4D). Analisis dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga, yaitu analisis kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis kevalidan, diperoleh skor 0,97 dengan kriteria sangat tinggi sehingga mendapatkan kategori sangat valid. Analisis keefektifan diperoleh persentase N-Gain sebesar 85,2% dengan kategori efektif. Analisis kepraktisan diperoleh persentase 87,7% dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline memenuhi kategori valid, efektif, dan praktis sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127218
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository