• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Berdasarkan Tahap Polya

    Thumbnail
    View/Open
    Moetiara Senja Agustias_180210101130 (3.670Mb)
    Date
    2025-01-09
    Author
    AGUSTIAS, Moetiara Senja
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Profil adalah deskripsi atau narasi ringkas yang menjelaskan informasi yang berasal dari suatu situasi yang berkaitan dengan identitas atau data seseorang. kemampuan siswa mengacu pada keahlian atau kompetensi dasar yang dibutuhkan siswa untuk memahami berbagai macam konten dalam mata pelajaran tertentu pada level yang spesifik. Pemecahan masalah adalah aspek penting dalam matematika dan harus diberikan penekanan yang signifikan dalam pembelajaran siswa di kelas. Pemecahan masalah matematika adalah kemampuan kognitif tingkat tinggi yang membutuhkan pemahaman siswa tentang masalah dan penerapan konsep matematika untuk menyelesaikannya. Kemampuan pemecahan masalah adalah seperangkat komponen kognitif, perilaku, dan sikap yang kompleks yang bersifat situasional dan bergantung pada pengetahuan dan pengalaman yang menyeluruh. Kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari waktu ke waktu dan merupakan alat kognitif yang paling banyak digunakan. Perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika dapat berbeda berdasarkan usia, stereotip gender, dan lokasi sekolah. Metode Polya untuk memecahkan masalah matematika melibatkan empat langkah penting yang harus diikuti secara berurutan: memahami masalah, merancang strategi untuk menyelesaikannya, melaksanakan pendekatan yang direncanakan, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Strategi pemecahan masalah sistematis Polya meningkatkan kemahiran siswa dalam memecahkan masalah secara metodis, meningkatkan kemampuan berpikir analitis, dan mengurangi kemungkinan kesalahan. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai metodologi penelitian yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masaah siswa dalam format naratif saat menyelesaikan masalah teorema Pythagoras dengan menggunakan tahapan Polya. Daerah dan subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas IX di MTS Nahdlatul Arifin. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan subjek penelitian terdiri dari tiga (3) siswa, dengan dipilih satu (1) siswa yang memiliki nilai tertinggi dari pengelompokan siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hail penelitian yang dilakukan di lapangan, secara keseluruhan siswa menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang kurang memadai, hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang menunjukkan nilai tertinggi masih di bawah ambang batas KKM sekolah. Mayoritas siswa telah memenuhi tahap pemahaman masalah dengan baik, namun mereka hanya menyatakan ulang masalah tanpa melakukan proses analisis lebih lanjut. Sejumlah besar siswa masih bingung dan memiliki miskonsepsi terkait operasi perhitungan akar. Siswa cenderung salah dalam memahami apa yang menjadi inti dari permasalahan, sehingga menyebabkan banyak kesalahan dalam menentukan desain solusi seperti apa yang sesuai dari permasalahan yang diberikan dan pada akhirnya mengarahkan pada solusi yang salah, terlepas dari kesalahan dalam proses perhitungan. Selain itu, banyak siswa yang lalai untuk menyertakan kesimpulan di akhir jawaban mereka.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127165
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository